PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN GOJEK DI KOTA DENPASAR

Universitas Udayana

  • I Ketut Pande Mahesa Putra Universitas Udayana
  • Ni Made Rastini Universitas Udayana

Abstract

Perkembangan teknologi internet pada era globalisasi saat ini memiliki dampak besar pada kehidupan sehari hari masyarakat, salah satunya di bidang bisnis atau perdagangan online. Seiring dengan perkembangan teknologi, perusahaan transportasi juga memperoleh dampak positif dalam hal pemasaran dan penjualan jasa yang kini memanfaatkan teknologi internet. Gojek merupakan sebuah perusahaan penyedia layanan transportasi melalui jasa ojek asal Indonesia yang berbasis teknologi. Dalam upaya meningkatkan niat konsumen untuk menggunakan Gojek, perusahaan menciptakan suatu terobosan baru untuk menciptakan E-WOM yang positif sehingga dapat meningkatkan brand image Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Brand Image dalam memediasi E-WOM terhadap niat mengunakan Gojek. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan menggunakan Gojek sebagai objek penelitian. Penelitian ini melibatkan 108 responden dengan teknik sampel non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan melalui google forms. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur, uji asumsi klasik dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image secara positif dan signifikan memediasi pengaruh E-WOM terhadap niat menggunakan Gojek di Kota Denpasar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan sebagai pertimbangan gojek dalam meningkatkan inovasi dan kualitas layanan sesuai kebutuhan masyarakat.


Kata kunci: Brand Image, E-WOM, Niat Menggunakan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-24
How to Cite
PUTRA, I Ketut Pande Mahesa; RASTINI, Ni Made. PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN GOJEK DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 464 - 484, mar. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/73176>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i03.p03.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>