PENGARUH KUALITAS ARGUMEN DAN KREDIBILITAS SUMBER TERHADAP NIAT PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH KEGUNAAN INFORMASI

  • Ni Luh Putu Ayu Yoceilla Waisnawa Universitas Udayana
  • Ni Made Rastini Universitas Udayana

Abstract

Niat pembelian merupakan rencana yang didasarkan informasi dan pengetahuan calon konsumen mengenai sebuah produk atau layanan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas argumen dan kredibilitas sumber terhadap niat pembelian yang dimediasi oleh kegunaan informasi pada lipstick Wardah di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, Bali dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan purposive sampling, mengambil responden sebanyak 100 orang melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Berdasarkan hasil analisis ditemukan kualitas argumen dan kredibilitas sumber berpengaruh positif dan signifikan terhadap kegunaan informasi dan niat pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas konten dan semakin kredibel sumber yang digunakan, maka akan semakin berguna informasi yang akan disampaikan sehingga akan semakin tinggi niat pembelian dari calon konsumen. Kegunaan informasi memediasi secara positif dan signifikan hubungan kualitas argumen dan kredibilitas sumber terhadap niat pembelian. Hasil analisis yang diperoleh dari kedua teknik analisis menunjukkan bahwa secara positif dan signifikan kegunaan informasi mampu memediasi hubungan kualitas argumen dan kredibilitas sumber terhadap niat pembelian pada lipstick Wardah di Kota Denpasar.


Kata kunci: kegunaan informasi, kredibilitas sumber, kualitas argumen, niat pembelian


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-03
How to Cite
WAISNAWA, Ni Luh Putu Ayu Yoceilla; RASTINI, Ni Made. PENGARUH KUALITAS ARGUMEN DAN KREDIBILITAS SUMBER TERHADAP NIAT PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH KEGUNAAN INFORMASI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 1527 - 1547, apr. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/56437>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i04.p15.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>