PERBANDINGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA FEB UNUD DAN MAHASISWA FEB UNDIKNAS

  • Ni Gusti Putu Putri Wijayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Alit Suryani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Entreprenenur memiliki kontribusi besar bagi perekonomian suatu negara, dengan adanya entrepreneur membawa beberapa dampak positif, yaitu terciptanya lapangan kerja, peningkatan pemerataan pendapatan serta peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Beberapa faktor yang dapat membuat mahasiswa berniat menjadi seorang wirausaha diantaranya Konteks Keluarga, Entrepreneurial Skills, dan Locus Of Control. Penelitian ini dilakukan di Program Studi S1 Reguler FEB Universitas Udayana dan FEB Universitas Pendidikan Nasional. Jumlah sampel yang dipergunakan untuk responden FEB UNUD sebanyak 54 dan FEB UNDIKNAS sebanyak 38 dengan menggunakan teknik Probability Sampling, khususnya Proportionate Stratified Random Sampling. Data yang telah dikumpulkan diolah menggunakan teknik Analisis Diskriminan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konteks Keluarga dan Entrepreneurial Skills, berpengaruh positif signifikan terhadap Intensi Berwirausaha pada mahasiswa S1 Reguler FEB UNUD, sedangkan Konteks Keluarga dan Locus Of Control berpengaruh positif signifikan terhadap Intensi Berwirausaha pada mahasiswa S1 Reguler FEB UNDIKNAS. Penelitian ini dapat dijadikan referensi guna mengarahkan dan membentuk jiwa wirausaha mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-06
How to Cite
WIJAYANTI, Ni Gusti Putu Putri; SURYANI, Alit. PERBANDINGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA FEB UNUD DAN MAHASISWA FEB UNDIKNAS. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 3, apr. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/17566>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Konteks Keluarga, Entrepreneurial Skills, Locus Of Control, Intensi Berwirausaha, Analisis Diskriminan