PERAN MEDIASI KEPUASAN KONSUMEN DALAM PENGARUH KREDIBILITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN IM3
Abstract
Loyalitas konsumen merupakan komitmen melakukan pembelian ulang akan suatu produk atau jasa secara konsisten dan kontinu. Agar konsumen loyal, perusahaan perlu memperhatikan faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mediasi kepuasan konsumen dalam pengaruh kredibilitas merek terhadap loyalitas konsumen remaja pengguna kartu IM3. Penelitian ini dilakukan pada facebook, dengan jumlah sampel sebanyak 55 remaja menggunakan metode purposive sampling, dan pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi dengan pengujian sobel untuk mediasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepuasan konsumen secara positif berpengaruh signifikan memediasi dalam pengaruh kredibilitas merek terhadap loyalitas konsumen. Hal ini menunjukkan jika merek perusahaan semakin kredibel, maka akan berdampak kepada peningkatan kepuasan konsumen, sehingga loyalitas konsumen akan meningkat. Untuk meningkatkan loyalitas konsumen, maka perusahaan penting untuk memfokuskan diri pada pemenuhan janji dan layanan pada produk yang diberikan.