PENGARUH DEMOGRAFI DAN STIMULI INTERNAL TOKO TERHADAP EMOSI POSITIF DAN IMPULSE BUYING PADA SUPERMARKET TIARA DEWATA

  • Sonny Wedha Baskara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Kastawan Mandala Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstrak

Bali khususnya di kota Denpasar. Fenomena tersebut telah mengeser sedikit demi sedikit pasar tradisonal, persaingan saling berlomba untuk menarik konsumen berbelanja. Strategi pemasaran yang dilakukan untuk menarik konsumen yang seperti potongan harga, point belanja untuk menarik konsumen untuk datang melakukan Impulse buying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor demografi dan stimuli internal toko terhadap emosi positif dan impulse buying. Penelitian ini dilakukan di supermarket Tiara Dewata Kota Denpasar. Sampel yang diambil sebanyak 120 orang, diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor demografi, stimuli internal toko, emosi positif memliki hubungan positif signifikan terhadap impulse buying, menujukan bahwa faktor-faktor tersebut dapat mendorong konsimen untuk melakukan kegiatan impulse buying.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2016-04-06
##submission.howToCite##
WEDHA BASKARA, Sonny; MANDALA, Kastawan. PENGARUH DEMOGRAFI DAN STIMULI INTERNAL TOKO TERHADAP EMOSI POSITIF DAN IMPULSE BUYING PADA SUPERMARKET TIARA DEWATA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 3, apr. 2016. ISSN 2302-8912. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/17182>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025
Bagian
Articles

Kata Kunci

faktor demografi, stimuli internal toko, emosi positif, impulse buying