INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PASAR INDUSTRI KAIN SONGKET DI KABUPATEN JEMBRANA
Universitas Udayana
Abstract
Kinerja pasar merupakan hasil kerja dan prilaku kerja yang dicapai perusahaan, untuk mencerminkan seberapa baik prospek suatu perusahaan di mata investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pasar, pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi produk, pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pasar serta peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pasar industri songket di Jembrana. Sampel dalam penelitian ini adalah pemilik usaha kain songket di Kabupaten Jembrana. Penentuan sampel dalam penelitian ini memakai metode purposive sampling. Terdapat 36 industri yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini sesuai dengan survei yang telah dilakukan. Pengujian dilakukan dengan metode PLS (Partial Least Square) dengan program smartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara orientasi pasar dengan kinerja pasar, hubungan yang positif dan signifikan orientasi pasar dengan inovasi produk, hubungan yang positif dan signifikan inovasi produk dengan kinerja pasar. Inovasi produk berperan sebagai variabel mediasi antara pengaruh orientasi pasar dengan kinerja pasar.
Kata kunci: Orientasi pasar, Inovasi produk, Kinerja pasar