PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP REPURCHASE INTENTION

  • Putu Suryadika Pramudya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Gede Bayu Rahanatha Universitas Udayana

Abstract

Bisnis minuman kini telah banyak tren atau inovasi baru yang bermunculan dan dengan cepat berekspansi ke negara-negara Asia Tenggara terutama di Indonesia, seperti es krim hingga minuman dengan boba. Indonesia menjadi pangsa pasar terbesar terhadap minuman boba di Asia Tenggara, pada Tahun 2021 diperkirakan omset tahunan menembus angka 1,6 miliar dolar AS setara dengan Rp23,74 triliun. Penelitian ini menggunakan teori Perilaku Konsumen dengan jumlah sampel 100 orang dan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik Uji Asumsi Klasik, Path Analysis dan Uji Sobel. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh hasil bahwa brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention dan brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention melalui kepuasan konsumen. Implikasi pada penelitian ini terhadap strategi pengembangan dapat digunakan oleh Mixue Kota Denpasar dalam mengembangkan strategi yang tepat sesuai dengan pola perilaku konsumen.

The beverage business now has many new trends or innovations emerging and is rapidly expanding to Southeast Asian countries, especially Indonesia, such as ice cream to drinks with boba. Indonesia has the largest market share for boba drinks in Southeast Asia, in 2021 it is estimated that annual turnover will reach 1.6 billion US dollars, equivalent to IDR 23.74 trillion. This research uses Consumer Behavior theory with a sample size of 100 people and uses purportive sampling techniques. Data collection in this research was carried out using interview, observation and questionnaire methods. This research uses the Classical Assumption Test, Path Analysis and Sobel Test techniques. Based on the results of this research, the results obtained are that brand image has a positive and significant influence on repurchase intention, brand image has a positive and significant influence on consumer satisfaction, consumer satisfaction has a positive and significant influence on repurchase intention and brand image has a positive and significant influence on repurchase intention through consumer satisfaction. The implications of this research for development strategies can be used by Mixue Denpasar City in developing appropriate strategies according to consumer behavior patterns.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, S. (2018). Pengaruh Online Promotion Terhadap Repurchase Intention Dengan Consumer Perception Sebagai Mediasi Pada Travel Online. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 94–100.
Alamsyah, R. A. (2018). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Toko Online. Manajemen Bisnis, 6(2).
Angelia, D. (2022, September 1). Indonesia Negara Paling Doyan Boba di Asia Tenggara 2022. GoodStats.
Choi, E. J., & Kim, S. H. (2013). The study of the impact of perceived quality and value of social enterprises on customer satisfaction and re-purchase intention. International Journal of Smart Home, 7(1), 239–252.
Dewi, I. G. A. P. R. P., & Ekawati, N. W. (2019). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen, 8(5), 2722-2752.
Diputra, I., & Yasa, N. N. (2021). The Influence of Product Quality, Brand Image, Brand Trust on Customer Satisfaction and Loyalty. American International Journal of Business Management, 4(1), 25–34.
Dimyati, M., & Subagio, N. A. (2018). Customer trust as mediator in the creation of customer relationship intention. Management & Marketing. Challenges for the Knowledge Society, 13(1), 710-729.
Fikriando, E., & Syafrizal. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Consumer Innovativeness, Dan Brand Image Terhadap Consumer Repurchase Intention 62 Pada Mcdonald’s Ahmad Yani Padang. Menara Ilmu, 16(2), 39–54.
Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Strategi pemasaran bisnis kuliner menggunakan influencer melalui media sosial instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 192-203.
Herliza, R., & Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Brand Image terhadap Kepuasan Pelanggan Studi pada Zara di Mall PVJ Bandung. E-Proceeding of Management, 3(2), 1949–1955.
IDN Times.Com. Diakses pada Tanggal 3 Maret 2023. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/fasrinisyah-suryaningtyas-1/geraimixue-dibali
Juwairiyah, S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Perceived Price Terhadap Repurchase Intention pada Tiket Maskapai Penerbangan Lion Air (Studi Pada Mahasiswa/I S1 Universitas Brawijaya Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Mailoor, T. R. D., Massie, J. D. D., & Tawas, H. N. (2021). Pengaruh Experinential Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Repurchase Intention Melalui Kepuasan Konsumen MobilWuling Pada PT Kumala Cemeerlang Abadi Wuling Motors Tomohon. 9(3), 1644–1654.
Manda, N. A., & Setyoningtyas, W. P. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsment Terhadap Repurchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Luwak White Koffie. Journal of Sustainability. 2(1), 251–260.
Munthe, M.R., Fajrillah, & Ginting, R.S. (2021). Product Design Influence, Product Quality, Brand Image, Price on Consumer Satisfaction Susus Dcow in Medan City. Journal of Technology, 8(2), 100–118.
Muslimah, I., Alfatih, S. M., & Jenji, G. A. (2021). Analisis kualitas layanan, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen online shop nwe label. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 822–838.
Oktarini, M. A. S., & Wardana, I. M. (2018). Peran Customer Satisfaction Memediasi Pengaruh Perceived Ease of Use dan Perceived Enjoyment Terhadap Repurchase Intention. E- Jurnal Manajemen Unud, 7(4), 2041–2072.
Putri, K. A. M. A., & Yasa, N. N. K. (2022). The Role of Customer Satisfaction as Mediating Variable on the Effect of Brand Image towards Coffee Shop Customer’s Repurchase Intention. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 149-154.
Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Aebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(1), 70–90.
Purbasari, D. M., & Purnamasari, D. L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 2(1), 43-54.
Rahmawati, D. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Pada Media Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Es Wall’S Buavita Di Surabaya Selatan. Diamond, 1(7), 0-9.
Rasyid, H. Al, & Indah K, A. T. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Niat Kunjungan Ulang Pasien Klinik Bidan Marlina. Jurnal Perspektif, 17(1), 7–16.
Restuputra, P., Dio, M., & Rahanatha, G. B. (2020). Promosi penjualan, store atmosphere, dan brand image berpengaruh terhadap repurchase intention (Doctoral dissertation, Udayana University).
Saputra, I. G. M. D., & Ekawati, N. W. (2020). Mediating Role Customer Satisfaction Brand Image Effect on Repurchase Intention (A Case Study on Consumer Talib M. Aboe Shop in Tabanan City). American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(3), 88-96.
Sitanggang, E. Y., & Silintowe, Y. B. R. (2021). The Effect of Corporate Social Responsibility (CSR) on Repurchase Intention with Brand Image as A Mediating Variables. Jurnal Sekretaris Dan Administrasi. 5(2), 105–123.
Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Brand image, Kualitas Produk Dan Kepuasan konsumenTerhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5748.
Subawa, N. S., Widhiasthini, N. W., & Suastika, N. P. M. W. S. (2020). The Effect of Experiential Marketing, Social Media Marketing, And Brand Trust on Repurchase Intention in Ovo Applications. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 7(3), 11–21.
Umara, B., Suryadi, D., Isnaeni, S., Yulianti, G., & Tumini, Y. (2021). Peran Kepuasan dalam Memediasi Pengaruh Persepsi Nilai Pasca Pembelian Terhadap Niat Beli Ulang Pengguna Vending Machine Blue Mart. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 2(01), 47–58.
Wijaya, R. H., & Astuti, S. R. T. (2018). The Effect of Trust and Brand Image to Repurchase Intention in Online Shopping. KnE Social Sciences, 3(10), 915.
Yasa, N., Suandana, N., & Rahyuda, K. (2016). Experience Influence Buying Fashion Products Against Repurchasing Intentions Through Customer Satisfaction and Trust. Matrix: Management Journal, Business Strategy and Entrepreneurship, 10(1), 85–97
Zullaihah, R., & Setyawati, H. A. (2021). Analisis Pengaruh Iklan, Identitas Merek, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Pada Pengguna Smartphone Merek Oppo di Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(1), 169–184.
Published
2024-11-30
How to Cite
PRAMUDYA, Putu Suryadika; RAHANATHA, Gede Bayu. PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP REPURCHASE INTENTION. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 11, p. 1674 - 1687, nov. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/120345>. Date accessed: 05 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i11.p04.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>