PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI SECARA ONLINE DI E-COMMERCE
Abstract
Jurnal ini menggambarkan dampak perkembangan inovasi dalam teknologi informasi dan komunikasi terhadap popularitas transaksi jual beli online, berfokus pada platform e-commerce TikTok Shop. Meskipun transaksi online menawarkan kemudahan dan kenyamanan, perlindungan hukum konsumen, sebagaimana diatur oleh UU No 8 Tahun 1999 terkait Perlindungan Konsumen, menjadi esensial. Metode riset ini meggunakan pendekatan metode kualitatif dan berjenis penelitian studi kasus. Hasil riset menampilkan yaitu TikTok Shop memberikan alternatif menarik bagi konsumen dengan kemudahan dan kenyamanan berbelanja online. Namun, penutupan operasional TikTok Shop oleh pemerintah Indonesia menimbulkan ketidakpastian terkait perlindungan hukum konsumen dalam platform tersebut, memerlukan evaluasi dan penyesuaian untuk memastikan keberlanjutan perlindungan konsumen dalam transaksi daring yang terus berkembang.
Kata Kunci: Tiktok Shop, Transaksi, Perlindungan Hukum.
ABSTRACT
This journal describes the impact of developments in information and communication technology on the popularity of online buying and selling transactions, with a focus on the e-commerce platform TikTok Shop. Even though online transactions offer convenience and comfort, legal consumer protection, as regulated by Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection, is essential. This research method uses a qualitative method approach with a case study type of research. The research results show that TikTok Shop provides an attractive alternative for consumers with the ease and convenience of online shopping. However, the closure of TikTok Shop operations by the Indonesian government has created uncertainty regarding consumer legal protection on the platform, requiring evaluation and adjustments to ensure continued consumer protection in online transactions that continue to grow.
Keywords: Tiktok Shop, Transactions, Legal Protection.