RELEVANSI PERLINDUNGAN KONSUMEN MELALUI PEMULIHAN REGULASI DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL
Abstract
ABSTRAK
Revolusi industri dan perkembangan teknologi saat ini mengubah sistem dari kehidupan masyarakat, kepentingan terhadap hukum meningkat seiring terlupakannya hak-hak dari para pihak yang menggunakan media bisnis digital. Saat ini sudah ada suatu pengaturan yang memuat perlindungan konsumen namun pengaturan tersebut sudah using dan belum mampu mengakomodasi permasalahann kontemporer ini. Tujuan dari penulisan artikel ini untuk mencari solusi yang efektif, baik dengan merevisi undang – undang yang ada atau menggagas regulasi baru yang sesuai dengan era digitalisasi. Upaya untuk meningkatkan efisiensi penyelesaian sengketa juga menjadi kunci untuk menjawab segala tantangan ini. Dalam meulis artikel ini penulis menggunakan metode penelitian normatif dimana sumber – sumber yang penulis gunakan dapat diperiksa sebagaimana peraturan-peraturan terkait dan mencari kesenjangan yang perlu diatasi dalam rangka melindungi konsumen dalam bisnis digital..
Kata Kunci: Hukum, Perlindungan Konsumen, Transformasi Digital
ABSTRACT
The industrial revolution and technological developments are currently changing the system of people's lives, the interest in law increases as the rights of parties using digital business media are forgotten. Currently, there is a regulation that contains consumer protection, but the regulation is already using and has not been able to accommodate this contemporary problem. The purpose of writing this article is to find effective solutions, either by revising existing laws or initiating new regulations in accordance with the digitalization era. Efforts to improve the efficiency of dispute resolution are also key to answering all these challenges. In writing this article, the author uses a normative research method where the sources that the author uses can be examined as well as related regulations and look for gaps that need to be addressed in order to protect consumers in digital business.
Key Word: Law, Consumer Protectio, Digital Transformation