EKSISTENSI PERLINDUNGAN TERHADAP PENGGUNA JASA PARKIR BERDASARKAN PERSPEKTIF HUKUM DI INDONESIA

  • Putu Ferrel Davina Putri Mariawan Fakultas Hukum, Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Dharma Laksana Fakultas Hukum, Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dilakukan penulisan artikel yaitu untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang perlindungan hukum terhadap pengguna jasa parkir, serta upaya penyelesaian sengketa terhadap permasalahan parkir berdasarkan perspektif hukum di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif, dimana artikel jurnal ini melakukan pendekataan terhadap sumber kepustakaan seperti aturan hukum dan norma hukum. Bahan hukum yang dipergunakan antara lain bahan hukum primer yang terdiri dari KUHPerdata dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, serta bahan hukum sekunder berupa literatur atau bahan bacaan yang berkaitan dengan hukum perlindungan konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggung jawab dari pelaku usaha pemberi jasa parkir adalah memenuhi tanggung jawab dan kewajiban yang ada dalam undang-undang perlindungan konsumen seperti melindungi kendaraan milik konsumen dan memberi kompensasi atas kerugian yang ditanggung oleh pelanggan jika kendaraan konsumen menderita kerusakan atau kehilangan yang disebabkan pelaku usaha. Selain itu, jika konsumen tidak mendapatkan kompensasi, maka konsumen dapat mengajukan gugatan melalui jalur litigasi maupun nonlitigasi.


The purpose of writing this article is to find out and increase insights about legal protection against parking service users and attemps of dispute settlement against parking problems based on legal perspective in Indonesia. Research method that used for writing this article is normative legal research, which in this article using approach to bibliographysuch as rule of law and legal norm. Legal material that used for this article such as primary legal material which consists of Civil Code and Law Number 8 of 1999 about Costumer Protection, and secondary legal material which consists literature or reading materials relating to costumer protection. Research results in this article shows that responsibility from parking service seller is fulfill responsibility and obligation inside costumer protection law, such as protect costumer’s vehicle and give compensation for losses that experienced by costumers if there is damage on costumer’s vehicle and loss caused by parking service seller. Besides that, if costumer doesn’t given compensation from parking service seller, so costumer can ask for a tort trought litigation and non-litigation.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-05
How to Cite
MARIAWAN, Putu Ferrel Davina Putri; LAKSANA, I Gusti Ngurah Dharma. EKSISTENSI PERLINDUNGAN TERHADAP PENGGUNA JASA PARKIR BERDASARKAN PERSPEKTIF HUKUM DI INDONESIA. Kertha Desa, [S.l.], v. 12, n. 10, p. 4830-4840, feb. 2025. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthadesa/article/view/118419>. Date accessed: 05 feb. 2025.
Section
Articles