Strategi Pengembangan Produk Jajanan Tradisional Klepon Di Klepon Legend Gianyar

Main Article Content

Gede Wahyu Wardana Dewa Ayu Anom Yuarini Cokorda Anom Bayu Sadyasmara

Abstract

In 2022-2023 Klepon Legend experienced a decrease in sales by 15%, one of the factors that influenced this decline in sales was because there were competitors who offered similar products from Klepon Gianyar 1980 and also Klepon Gianyar Dayu Niang Eka. The purpose of this study is to identify quality attributes and determine the level of importance, consumer satisfaction, and formulate product development strategies for klepon at Klepon Legend Gianyar. This research was conducted through interviews, brainstorming, and distributing questionnaires to 94 consumers of Klepon Legend. The number of respondents was obtained from the calculation of the slovin formula. Then this research was continued with an analysis using the Quality Function Deployment (QFD) method to form a House of Quality (HOQ). Based on the QFD analysis, it was found that the legend klepon needs to evaluate and improve the attributes of texture, shape, taste and aroma for klepon products, these four attributes must be prioritized because they have the highest improvement ratio value, which is ? 1.26.. To be able to improve performance, it is necessary to evaluate and improve the technical parameters of klepon kneading, raw material preparation, and klepon formation because they have the highest relative importance value, which is> 10%.


 Keywords : Klepon, Product Quality, Consumer Satisfaction, Quality Function Deployment (QFD)


Pada Tahun 2022-2023 Klepon Legend Mengalami penurunan Penjualan sebesar 15 % salah satu faktor yang mempengaruhi penurunan penjualan ini karena terdapat pesaing yang menawarkan produk serupa dari Klepon Gianyar 1980 dan juga klepon Gianyar Dayu Niang Eka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut mutu serta menentukan tingkat kepentingan, kepuasan konsumen, dan merumuskan strategi pengembangan produk klepon di Klepon Legend Gianyar. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara, brainstorming, dan penyebaran kuesioner kepada 94 orang konsumen Klepon Legend. Jumlah responden didapat dari perhitungan rumus slovin. Kemudian penelitian ini dilanjutkan dengan analisis menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) hingga terbentuk sebuah House of Quality (HOQ). Berdasarkan analisis QFD didapatkan hasil bahwa klepon legend perlu melakukan evaluasi dan perbaikan pada  atribut tekstur, bentuk, rasa dan aroma untuk produk klepon, keempat  atribut ini harus diprioritaskan karena memiliki nilai rasio perbaikan tertinggi, yaitu ? 1,26. Untuk dapat meningkatkan kinerja perlu dilakukan evaluasi serta perbaikan terhadap parameter teknis pengadonan klepon, persiapan bahan baku, dan pembentukan klepon karena memiliki nilai kepentingan relatif yang tertinggi, yaitu >10%.


Kata kunci : Klepon, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Quality Function Deployment (QFD)

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
WARDANA, Gede Wahyu; YUARINI, Dewa Ayu Anom; SADYASMARA, Cokorda Anom Bayu. Strategi Pengembangan Produk Jajanan Tradisional Klepon Di Klepon Legend Gianyar. JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 183-193, june 2024. ISSN 2503-488X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jtip/article/view/114068>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JRMA.2024.v12.i02.p03.
Section
Articles

References

Alfiana, F., Hartiati, A., dan Yoga, I. S. 2020. Identifikasi prioritas perbaikan pada kualitas produk es kopi susu di kovfee bali dengan metode quality function deployment (qfd).Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 8(4),502-512.
Boga, Y. 2013. Kue-kue indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dyana, N. 2020. Analisis qfd (quality function deployment) untuk perbaikan produk thai tea merek kaw-kaw di ukm waralaba di landungsari, Malang. Jurnal Mahasiswa Teknik Industri, 3(2), 153–159.
Haryadi, E. K., Utami, N. R., dan Rahardian, W. R. 2024. Analisis improvement standard operating procedure dalam penyimpanan bahan makanan di cil room café. Journal Of Hospitality dan Tourism, 2(2),82–96.
Kotler, P. 2012. Marketing Management (14th Edition). Prentice Hall. New Jersey : Person Education.
Kurnia, T. E., dan Listanti, A. T. 2019. Identifikasi preferensi konsumen produk kerupuk jambu biji merah menggunakan metode qfd (quality function deployment). Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Inovasi, 1(2), 113–123.
Landeng, R., Mandeny, S., dan Mandagie, Y.2023. Pengaruh cita rasa, persepsi harga dan customer relationship management terhadap keputusan pembelian minuman boba sel-sel cheesetea di tumpaan. Jurnal Lppm Bidang Ekososbudkum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum) , 7(4),315-324.
Lamusu, D. 2018. Uji organoleptik jalangkote ubi jalar ungu ( ipomoeabatatas) sebagai upaya diversifikasi pangan . Jurnal Pengolahan Pangan,3(9), 9-15.
Mokodongan, A., Kadir, P., dan Pakaya, I. 2021. Sistem penyimpanan bahan makanan untuk menjaga kualitas bahan makanan di kitchen tc damhil ung. Jurnal Ideas, 7(2), 151-162.
Putra, I., dan Santika, I. 2018. Pengaruh Gender, Daya Tarik Promosi, Kepemilikan Kartu Kredit Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Online Produk Lifestyle. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(10),5570-5598.
Setiawan, A. 2017. Analisis Data Statistik. Jawa Tengah: Tisara Grafika
Saptaningtyas, W. W., Yustini , P. E., dan Nurwidayati, T. 2017. Pengembangan produk marshmallow menggunakan metode qfd. Jurnal Presiding Seminar Nasional Balai Riset Dan Standarisasi Industri Samarinda, 1(1), 316–324.
Suriani. 2018. Seni Kuliner Bali Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata Mengungkap Tentang Ketertarikan Wisatawan Terhadap Makanan Tradisional Bali (Babi Guling). Laporan Penelitian Universitas Udayana.
Sutaguna, I. T. 2017. Modifikasi Makanan Tradisional Bali Berbahan Dasar Ayam Sebagai Daya Tarik Wisata Di Desa Mengwi Badung. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 7(2) 111-120.
Timo, F. 2021. Pengaruh variasi menu dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu di hotel victory kefamenanu. Jurnal Inspirasi Ekonomi, 3(3),8-16.
Yanti, N. Y., Yuarini, D., dan Wiranatha, A. 2023. Strategi peningkatan kualitas produk rumah makan babi guling men janji di tabanan. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 11(3),361-373.
Yuarini, D. A. A., Satriawan, I. K., dan Suardi, I. D. P. O. 2015. Strategi peningkatan kualitas produk sayuran segar organik pada cv. golden leaf farm bali. Jurnal Manajemen Agribisnis, 3(2) :93-109