Editorial

  • Ni Ketut Supasti Dharmawan

Abstract

Om Swastiastu,


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa, setelah melalui proses yang panjang, akhirnya Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal) dapat menyuguhkan 10 artikel pada Volume 7 Nomor 2, edisi bulan Juli 2018 sesuai waktu yang ditetapkan.


Board of Editor baik internal maupun eksternal didukung Reviewer baik internal maupun eksternal  sangat berkontribusi dalam penyempurnaan artikel dalam edisi ini, demikian pula para penulis yang sangat kooperatif bekerjasama dalam melakukan revisi sesuai dengan arahan dan komentar para reviewer, sehingga Jurnal Magister Hukum Udayana Volume 7 Nomor 2 dapat dipublikasikan tepat waktu di akhir bulan Juli 2018.


Berbagai topik menarik  sesuai dengan Focus & Scope Journal disajikan dalam edisi ini. Para penulis yang berkontribusi terdiri dari penulis eksternal yaitu: Birkah Latif, Ade Kurniawan dan Iyas Manggala Ayubi dari Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makasar mengkaji tentang The Legal Review of Petroleum Spill Case (Pertamina Oil Spill in Kalimantan). I Putu Dwika Ariestu dari Fakultas Hukum Universitas Mahendradata, Denpasar Bali, secara komprehensif mengelaborasi tentang The State Responsibilities Relating to Human Rights Violations to The People with Stateless Persons Status in Rohingnya Crisis. Artikel yang tidak kalah menariknya, yaitu tentang penjatuhan sanksi pidana bagi prajurit TNI sebagai pelaku penyalahguna narkotika dianalisis oleh Sugiarto dari Bagian Hukum, KODAM IX Udayana. Kajian penting lainnya, yaitu tentang Pertanggung Jawaban Pidana terhadap Perawat Maternitas yang Menghilangkan Identitas Seorang Bayi di Rumah Sakit, dikaji secara mendalam oleh Edwina Aileen Wirasasmita,  penulis dari Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Penulis internal AA Istri Eka Krisna Yanti dari Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas hukum Universitas Udayana mengkaji hukum kepariwisataan dalam kaitannya dengan prinsip non diskriminasi, khususnya terhadap tenaga kerja asing dalam kerangka GATS.


Publikasi Jurnal Magister Hukum Udayana Volume 7 Nomor 2 Edisi Juli ini, menjadi lebih bervariasi karena juga didukung oleh penulis eksternal lainnya yaitu: Boyce Alvhan Clifford dan Barda Nawawi Arief dari Program Studi Magister Ilmu Hukum Universitas Diponegoro menulis tentang Implementasi Ide Restorative Justice ke dalam Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan Anak di Indonesia. Ni Putu Putrika Widhi Susmitha dari Fakultas Hukum Universitas Airlangga mengkaji tentang sistem pembayaran PNBP melalui aplikasi YAP (Your All Payment). Selanjutnya, Teddy Widodo dari Kejaksaan Negeri Klungkung Bali mengkaji kasus tindak pidana korupsi terkait gugatan pihak ketiga terhadap eksekusi barang sitaan. Fokus kajian tentang urgensi pembentukan peradilan khusus Pemilu juga menjadi salah satu topik penarik dalam edisi ini yang disajikan secara komprehensif oleh Iwan Rois dan Ratna Herawati dari Program studi Magister Ilmu Hukum Universitas diponegoro. Selain penulis eksternal, dalam edisi ini juga kembali didukung oleh penulis internal dari Fakultas Hukum Universitas Udayana (I Ketut Rai Setiabudhi, I Gede Artha, dan I Putu Rasmadi Arsha Putra) yang menyajikan studi tentang urgensi kewaspadaan dini dalam rangka memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.


Kami sangat berharap semoga artikel-artikel yang dipublikasikan dalam Volome 7  Nomor 2 Edisi Juli 2018 ini dapat bermanfaat baik bagi pengembangan ilmu hukum di Indonesia baik dalam tataran teori maupun praktik. 


Kami menghaturkan ucapkan terima kasih kepada Editor, Reviewer dan  semua pihak yang berkontribusi  dalam proses publikasi ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-31
How to Cite
DHARMAWAN, Ni Ketut Supasti. Editorial. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), [S.l.], v. 7, n. 2, july 2018. ISSN 2502-3101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmhu/article/view/41278>. Date accessed: 29 june 2022.
Section
Cover & TOC

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>