Jurnal Kepariwisataan dan Hospit Pengaruh Kinerja Front Office Department Terhadap Kepuasan Tamu di Sheraton Bali Kuta Resort

The Influence of Front Office Department Towards Guest Satisfactions at Sheraton Bali Kuta Resort

  • I Putu Yogi Pratama Universitas Udayana
  • IB Ketut Astina Udayana University
  • Agus Muriawan Putra Udayana University

Abstract

Abstrak


Sheraton Bali Kuta Resort merupakan hotel berbintang lima (5) di daerah Kuta. Latar belakang diangkatnya topik pada penelitian ini dikarenakan terdapatnya keluhan yang lebih dominan terhadap kinerja front office department. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dari tamu yang menginap serta mengetahui pengaruh kinerja front office department (X) terhadap kepuasan tamu (Y). Data pada penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif kualitatif, analisis deksriptif kuantitatif, skala likert, uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, analisis regresi sederhana, uji T, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua indikator dalam kategori baik karena berada pada rentang nilai interval 2,52-3,27. Berdasarkan uji validitas semua item penelitian ini valid karena Rhitung > Rtabel dan memiliki nilai pearson correlations > 0,3 dan item reliabel karena memiliki nilai cronchbach alpha > 0,6. Uji korelasi memperoleh nilai sebesar 0,894 sehingga adanya korelasi yang sangat kuat antara kedua variabel. Pada analisis regresi liniear sederhana didapatkan hasil Y = 1,918 + 0,360X yang memiliki arti meningkatnya skor kinerja front office department (X) sebesar 1 persen akan diikuti dengan meningkatnya skor kepuasan tamu (Y) sebesar 0,360. Uji T memperoleh Thitung 19,755 > Ttabel 1,987 menggunakan signifikasi sebesar 0,05. Uji koefisien determinasi memperoleh nilai 79,9 persen, sehingga adanya variasi hubungan X dan Y.


 


Kata Kunci:         Kinerja, Front Office Department, Kepuasan Tamu

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-28
How to Cite
PRATAMA, I Putu Yogi; ASTINA, IB Ketut; PUTRA, Agus Muriawan. Jurnal Kepariwisataan dan Hospit Pengaruh Kinerja Front Office Department Terhadap Kepuasan Tamu di Sheraton Bali Kuta Resort. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 406-417, nov. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/77885>. Date accessed: 12 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>