Implementasi sistem manajemen k3 karyawan food and beverage product holiday inn resort baruna bali

  • Desak Made Artatik Wangi Universitas Udayana
  • Agus Muriawan Putra Udayana University
  • I Nyoman Tri Sutaguna Udayana University

Abstract

Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja merupakan salah satu hal yang cukup penting diterapkan di suatu perusahaan untuk menjamin kesehatan dan keselamatan kerja dari karyawan. Pernah terjadinya kecelakaan kerja di kitchen meskipun telah adanya program sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja melatar belakangin dalam penulisan laporan ini. Tujuan penulisan laporan ini untuk mengetahui bagaimana penerapan SMK3 serta bagaiman persepsi karyawan terhadap penerapan SMK3 di Holiday Inn Resort Baruna Bali. Jenis data yang digunakan yakni data kualitatif dan kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, studi pustaka, dokumetasi. Kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif, dan skala likert. Teknik penentuan informan menggunakan purposive serta penentuan responden menggunakan sampel jenuh.


Hasil yang diperoleh implementasi sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja karyawan di Holiday Inn Resort Baruna Bali secara keseluruhan dapat dikatakan telah dilakukan oleh sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 50 tahun 2012 Tentang Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Berdasarkan penyebaran kuesioner diperoleh hasil persepsi karyawan tehadap penetapan kebijakan K3 rata-rata skor yakni 4.26 masuk dalam kategori sangat baik. Persepsi karyawan terhadap perencanaan K3 diperoleh rata-rata skor 4.25 masuk dalam kategori sangat baik. Persepsi karyawan terhadap pelaksanaan rencara K3 diperoleh skor 4.28 masuk dalam kategori sangat baik. Persepsi karyawan terhadap pemantauan dan evaluasi dinyatakan sangat baik dengan skor rata-rata 4.39. Persepsi karyawan terhadap tinajauan dan peningkatan kinerja dengan rentang skor 4.39 masuk kategori sangat baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-14
How to Cite
ARTATIK WANGI, Desak Made; PUTRA, Agus Muriawan; SUTAGUNA, I Nyoman Tri. Implementasi sistem manajemen k3 karyawan food and beverage product holiday inn resort baruna bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 39-52, aug. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/68432>. Date accessed: 29 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>