Pengaruh bauran pemasaran (4p) terhadap keputusan menginap wisatawan di hotel vila lumbung seminyak

  • Bagas Alldiyansyah Putra Student
  • Agus Muriawan Putra Udayana University
  • Ni Made Ariani Udayana University

Abstract

 


Berbagai latar belakang alasan wisatawan menggunakan jasa layanan hotel dimulai karena kebutuhan saat berlibur yang menjadi kebutuhan utama saat bepergian jauh bagi kalangan wisatawan. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  Bauran Pemasaran  terhadap  keputusan  menginap wisatawan di Hotel Vila Lumbung Seminyak.   Dimana   variabel   independen   yaitu   produk   (X1),   Harga   (X2), promosi (X3), dan Tempat (X4) mempengaruhi keputusan menginap (Y) sebagai variabel dependennya. Responden dalam penelitian ini adalah wisatawan yang pernah menginap dan sedang menginap di Hotel Vila Lumbung Seminyak sebanyak  100  orang  responden . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan data dikumpulkan melalui kuesioner. Kemudian data di analisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan Software SPSS (Statistical Package for Social Science) for Windows versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (uji-F), terlihat bahwa Fhitung (39,622) > Ftabel (2,31)  dengan sig F = 0,000) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menginap dengan besaran pengaruh 62,5%. Sedangkan secara parsial Variabel Produk, menunjukkan thitung (2,452) < ttabel (1,985) dan 0,016 > 0.05, yang artinya variabel Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menginap, variabel Harga secara parsial, menunjukkan thitung (2,821) > ttabel (1,985) dan nilai sig. 0,006 < 0.05 yang artinya variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Keputusan Menginap, sedangkan variabel Promosi didapatkan thitung (1,188) < ttabel (1,985) dengan sig. (0,238) > 0. yang artinya kedua variabel tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Keputusan Menginap. Pengaruh secara dominan dilihat dari nilai Unstandardized Coefficients Beta  dimana Harga yang memiliki nilai tertinggi yaitu 0.401, hal ini disebabkan karena wisatawan menilai harga yang dibayarkan wisatawan sudah sesaui dengan kualitas produk dan pelayanan yang diterima selama menginap di Hotel Vila Lumbung Seminyak.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-14
How to Cite
PUTRA, Bagas Alldiyansyah; PUTRA, Agus Muriawan; ARIANI, Ni Made. Pengaruh bauran pemasaran (4p) terhadap keputusan menginap wisatawan di hotel vila lumbung seminyak. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 53-72, aug. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/68573>. Date accessed: 29 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>