Pengaruh Fasilitas Lokasi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Menginap Di Alaya Resort Ubud

The Influence of Facilities Location Price and Promotion on Tourist Decision at Alaya Resort Ubud

  • Ni Luh Putu Yuliani Univ Unud
  • IB Ketut Astina Udayana University
  • I Gusti Ngurah Widyatmaja Udayana University

Abstract

Program Studi Diploma IV Pariwisata


Fakultas Pariwisata


Universitas Udayana


Laporan Akhir Program/Skripsi


A. Nama : Ni Luh Putu Yuliani


B. Judul : Pengaruh Promosi, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan


Wisatawan Menginap di Alaya Resort Ubud


C. Jumlah Halaman : xiv + 103


D. Isi Ringkasan :


Pesatnya perkembangan pariwisata di Bali, membuat kunjungan wisatawan


ke Bali semakin bertambah hal ini berdampak pada destinasi wisata, restoran,


maupun hotel yang ada di Bali. Salah satunnya yaitu Alaya Resort Ubud. Tujuan


dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas, lokasi, harga, dan


promosi terhadap keputusan menginap di Alaya Resort Ubud. Data dalam


penelitian ini di dapat melalui observasi, studi kepustakaan, dokumentasi dan


kuisioner. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling,


dan teknik pengambilan sampel dari populasi dilakukan menggunakan rumus


Slovin. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Teknik analisis


data penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.


Berdasarkan hasil uji dari teknik analisis kuantitatif yang digunakan dalam


penelitian ini maka diperoleh hasil bahwa fasilitas berpengaruh secara simultan


maupun parsial terhadap keputusan wisatawan menginap di Alaya Resort Ubud


melalui uji T-test yang mana diperoleh nilai T-hitung dalam penelitian ini sebesar


2,877 lebih besar dari nilai T-tabel yaitu 1,660 dengan tingkat signifikan 0,000 <


0,005, variabel lokasi memperoleh nilai T-hitung dalam penelitian ini sebesar 4,295


lebih besar dari nilai T-tabel yaitu 1,660 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,005,


variabel ketiga yaitu variabel harga memperoleh nilai T-hitung dalam penelitian ini


sebesar 3,523 lebih besar dari nilai T-tabel yaitu 1,660 dengan tingkat signifikan


0,000 < 0,005, sedangkan variabel keempat yaitu variabel promosi memperoleh


nilai T-hitung dalam penelitian ini sebesar 3,991 lebih besar dari nilai T-tabel yaitu


1,660 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,005. Terakhir berdasarkan hasil analisis


yang dilakukan diperoleh nilai Fhitung sebesar 125,109 lebih besar dari nilai Ftabel


3,90 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh secara simultan


variabel fasilitas, lokasi, harga, dan terhadap minat beli wisatawan di Alaya Resort


Ubud


E. Kata Kunci : Fasilitas, lokasi, harga, promosi, keputusan wisatawan menginap

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-29
How to Cite
YULIANI, Ni Luh Putu; ASTINA, IB Ketut; WIDYATMAJA, I Gusti Ngurah. Pengaruh Fasilitas Lokasi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Menginap Di Alaya Resort Ubud. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 96-106, july 2022. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/65396>. Date accessed: 29 sep. 2022.

Most read articles by the same author(s)