Pengaruh Fasilitas Lokasi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Menginap Di Alaya Resort Ubud
The Influence of Facilities Location Price and Promotion on Tourist Decision at Alaya Resort Ubud
Abstract
Program Studi Diploma IV Pariwisata
Fakultas Pariwisata
Universitas Udayana
Laporan Akhir Program/Skripsi
A. Nama : Ni Luh Putu Yuliani
B. Judul : Pengaruh Promosi, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan
Wisatawan Menginap di Alaya Resort Ubud
C. Jumlah Halaman : xiv + 103
D. Isi Ringkasan :
Pesatnya perkembangan pariwisata di Bali, membuat kunjungan wisatawan
ke Bali semakin bertambah hal ini berdampak pada destinasi wisata, restoran,
maupun hotel yang ada di Bali. Salah satunnya yaitu Alaya Resort Ubud. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas, lokasi, harga, dan
promosi terhadap keputusan menginap di Alaya Resort Ubud. Data dalam
penelitian ini di dapat melalui observasi, studi kepustakaan, dokumentasi dan
kuisioner. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling,
dan teknik pengambilan sampel dari populasi dilakukan menggunakan rumus
Slovin. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Teknik analisis
data penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil uji dari teknik analisis kuantitatif yang digunakan dalam
penelitian ini maka diperoleh hasil bahwa fasilitas berpengaruh secara simultan
maupun parsial terhadap keputusan wisatawan menginap di Alaya Resort Ubud
melalui uji T-test yang mana diperoleh nilai T-hitung dalam penelitian ini sebesar
2,877 lebih besar dari nilai T-tabel yaitu 1,660 dengan tingkat signifikan 0,000 <
0,005, variabel lokasi memperoleh nilai T-hitung dalam penelitian ini sebesar 4,295
lebih besar dari nilai T-tabel yaitu 1,660 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,005,
variabel ketiga yaitu variabel harga memperoleh nilai T-hitung dalam penelitian ini
sebesar 3,523 lebih besar dari nilai T-tabel yaitu 1,660 dengan tingkat signifikan
0,000 < 0,005, sedangkan variabel keempat yaitu variabel promosi memperoleh
nilai T-hitung dalam penelitian ini sebesar 3,991 lebih besar dari nilai T-tabel yaitu
1,660 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,005. Terakhir berdasarkan hasil analisis
yang dilakukan diperoleh nilai Fhitung sebesar 125,109 lebih besar dari nilai Ftabel
3,90 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh secara simultan
variabel fasilitas, lokasi, harga, dan terhadap minat beli wisatawan di Alaya Resort
Ubud
E. Kata Kunci : Fasilitas, lokasi, harga, promosi, keputusan wisatawan menginap