Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen janji jiwa x samasta jimbaran

  • Kamil Ibrahim Universitas Udayana
  • Agus Muriawan Putra Udayana University
  • Ni Made Ariani Udayana University

Abstract

Janji Jiwa adalah coffeeshop yang memiliki kontribusi besar dalam mempopulerkan minuman kopi di Indonesia. Salah satu gerai tersebut yakni Janji Jiwa X Samasta yang merupakan bentuk eksklusif dari Janji Jiwa, yakni Janji Jiwa X. Hanya terdapat 3 gerai Janji Jiwa X di Indonesia, yaitu berada di Jakarta, Tangerang, dan Bali. Namun masih terdapat komplain dari konsumen tentang masalah kualitas pelayanan dan lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi secara simultan dan parsial, serta variabel mana yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Janji Jiwa X Samasta Jimbaran. Teknik penentuan sampel menggunakan metode non probability sampling yaitu accidental sampling dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden yang berperan sebagai konsumen Janji Jiwa X Samasta Jimbaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data deskriptif kuantitatif menggunakan, uji validitas, uji reliabilitas, skala likert, uji normalitas, uji heterokesdastisitas, uji multikolenieritas, analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Pengumpulan data melalui observasi, studi kepustakaan, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan (X1) dan lokasi (X2) terhadap kepuasan konsumen Janji Jiwa X Samasta Jimbaran (Y) sebesar 58.2% terhadap kepuasan konsumen di Janji Jiwa X Samasta, sedangkan sisanya 42.8% merupakan variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Adapun terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara kualitas pelayanan (X1) dan Lokasi (X2) terhadap kepuasan konsumen Janji Jiwa X Samasta Jimbaran (Y), sedangkan variabel yang paling dominan berpengaruh adalah lokasi (X2) dengan nilai 0,427.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-27
How to Cite
IBRAHIM, Kamil; PUTRA, Agus Muriawan; ARIANI, Ni Made. Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen janji jiwa x samasta jimbaran. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 1-12, jan. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/67191>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>