Laporan Kasus: Keberhasilan Penanganan Kasus Konstipasi pada Kucing Lokal dengan Imbuhan Labu Kuning (Cucurbita moschata) pada Pakannya

  • Isabella Anjari Ridwan Udayana University
  • I Wayan Batan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Konstipasi adalah berkurangnya, hilangnya, atau kesulitan dalam melakukan defekasi.  Konstipasi seringkali dialami oleh hewan peliharaan dan dapat berakibat fatal jika dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup panjang.  Konstipasi sering dialami oleh kucing.   Studi kasus ini mengangkat sebuah kasus mengenai seekor kucing lokal betina berumur 5 tahun yang diperiksa di Laboratorium Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, perut kucing terlihat lebih besar dan terlihat kesulitan melakukan defekasi sejak satu bulan sebelum dilakukan pemeriksaan.  Feses yang dikeluarkan jika kucing mampu defekasi memiliki konsistensi keras dan kering dan terkadang ditemukan di luar litter box.  Pemeriksaan klinis menunjukkan suara borborygmus dan adanya konsistensi keras di bawah os vertebrae lumbalis yang diduga sebagai akumulasi feses.  Pemeriksaan hematologi dilakukan dan hasilnya menunjukkan leukositosis.  Pemeriksaan radiologi menunjukkan adanya akumulasi tinja yang mengeras.  Kucing diberikan laktulosa dan campuran pakan dari wet food dan imbuhan labu kuning (Cucurbita moschata).  Defekasi kucing menjadi lancar setelah hari ke-11 pengobatan dan tidak ada keluhan kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Wayan Batan, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Diagnosis Klinik, Patologi Klinik, dan Radiologi Veteriner

Published
2021-07-31
How to Cite
RIDWAN, Isabella Anjari; BATAN, I Wayan. Laporan Kasus: Keberhasilan Penanganan Kasus Konstipasi pada Kucing Lokal dengan Imbuhan Labu Kuning (Cucurbita moschata) pada Pakannya. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 673-689, july 2021. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/72743>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2021.10.4.673.
Section
Case Report

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>