Pemberian Pakan Hijauan Lokal yang Disuplementasi Indigofera dan Probiotik terhadap Total Leukosit dan Diferensial Leukosit Kambing Boerka

  • Dheadora Florensia Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Wayan Batan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Tjokorda Sari Nindhia Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Pemberian pakan yang berbeda dapat menyebabkan perbedaan kondisi fisiologis.  Apabila tubuh ternak mengalami perubahan fisiologi, maka dapat berpengaruh pada gambaran darah.  Pemeriksaan darah lengkap dilakukan untuk mengetahui status kesehatan hewan, terutama pemeriksaan leukosit yang digunakan untuk penunjang diagnosis terhadap suatu penyakit dan mengetahui adanya respons tubuh terhadap suatu penyakit infeksi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil leukosit kambing boerka yang diberi pakan hijauan lokal dan Indigofera serta probiotik Sampel yang digunakan adalah sampel darah dari 24 ekor kambing boerka betina.  Perlakuan yang diberikan adalah pemberian pakan hijauan sebagai kontrol (P0), pakan hijauan yang diimbuhi Indigofera (P1) dan pakan hijauan yang diimbuhi Indigofera dan Bio-CAS (P2).  Pengambilan darah dilakukan pada vena jugularis setelah diberi perlakuan pakan selama enam bulan.  Darah dimasukkan ke dalam tabung yang berisi antikoagulan Ethylene Diamine Tetraacetic Acid (EDTA).  Pemeriksaan gambaran total dan diferensial sel darah putih secara otomatis menggunakan Hematology Analyzer.  Hasil penelitian menunjukkan pemberian pakan hijauan lokal yang disuplementasi Indigofera dan probiotik tidak berpengaruh nyata terhadap nilai total leukosit dan diferensial leukosit kambing boerka.  Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian pakan hijauan lokal yang disuplementasi indigofera dan probiotik aman diberikan pada kambing boerka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Wayan Batan, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Diagnosis Klinik, Patologi Klinik, dan Radiologi Veteriner

Tjokorda Sari Nindhia, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Biostatistika

Published
2021-05-31
How to Cite
FLORENSIA, Dheadora; BATAN, I Wayan; NINDHIA, Tjokorda Sari. Pemberian Pakan Hijauan Lokal yang Disuplementasi Indigofera dan Probiotik terhadap Total Leukosit dan Diferensial Leukosit Kambing Boerka. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 365-374, may 2021. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/70895>. Date accessed: 11 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2021.10.3.365.
Section
Original Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>