Ekstrak Daun Kelor Dapat Mempertahankan Motilitas Progresif dan Viabilitas Spermatozoa Babi dalam Pengencer Air Kelapa Kuning Telur

  • Luh Komang Ayu Puteri Priharyanthi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Wayan Bebas Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Bagus Trilaksana Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama penyimpanan semen babi landrace yang disimpan dalam pengencer air kelapa kuning telur dengan ekstrak daun kelor.  Penelitian ini menggunakan seekor babi landrace jantan.  Penampungan semen dilakukan dengan metode massage.  Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari dua perlakuan yaitu kontrol: semen babi diencerkan dengan pengencer air kelapa kuning telur ayam dengan penambahan ekstrak daun kelor 5%.  Semen yang telah diencerkan disimpan pada suhu 18-20oC dengan lama penyimpanan masing-masing 0 jam, 4 jam, 8 jam, 12 jam, 16 jam, 20 jam, 24 jam, 28 jam, dan 32 jam.  Masing-masing perlakuan diulang sebanyak tiga kali, sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah 27 sampel untuk setiap perlakuan.  Selama penyimpanan dilakukan pengamatan terhadap motilitas dan viabilitas spermatozoa.  Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji Sidik Ragam, apabila terdapat perbedaan yang nyata antar perlakuan maka uji dilanjutkan dengan uji Duncan.  Hasil penelitian menunjukkan lama penyimpanan semen berpengaruh nyata terhadap motilitas progresif dengan persentase sebesar 55,10% dan viabilitas dengan persentase sebesar 56,58%.  Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyimpanan semen babi Landrace dalam pengencer air kelapa kuning telur dengan ekstrak daun kelor masih layak digunakan sampai 16 jam penyimpanan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wayan Bebas, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Reproduksi dan Kemajiran Veteriner

I Gusti Ngurah Bagus Trilaksana, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Reproduksi dan Kemajiran Veteriner

Published
2021-05-31
How to Cite
PRIHARYANTHI, Luh Komang Ayu Puteri; BEBAS, Wayan; TRILAKSANA, I Gusti Ngurah Bagus. Ekstrak Daun Kelor Dapat Mempertahankan Motilitas Progresif dan Viabilitas Spermatozoa Babi dalam Pengencer Air Kelapa Kuning Telur. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 389-398, may 2021. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/70879>. Date accessed: 11 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2021.10.3.389.
Section
Original Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>