Motilitas dan Viabilitas Spermatozoa Burung Puyuh (Coturunix coturnix japonica) dalam Pengencer Fosfat Kuning Telur pada Suhu 4ºC

  • Arista Novi Sandra Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Wayan Bebas Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Bagus Trilaksana Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama waktu penyimpanan semen burung puyuh(Coturnix coturnix japonica) dalam pengencer fosfat kuning telur pada suhu 4ºC sampai motilitas ?40% dan viabilitas ? 45%. Penelitian ini menggunakan 30 ekor burung puyuh jantan sehat, umurkurang lebih 6 minggu sebagai sumber semen lalu diencerkan dengan pengencer fosfat kuning telurdengan konsentrasi 50 juta sel per mililiter pengencer. Semen yang telah diencerkan disimpan padasuhu 4°C lalu dilakukan pengamatan setiap 4 jam untuk mengetahui motilitas progresif dan viabilitasspermatozoa. Data yang diperoleh ditabulasikan selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasilpenelitian diperoleh persentase motilitas spermatozoa burung puyuh dalam pengencer fosfat kuningtelur yang disimpan pada suhu 4ºC selama 32 jam sebesar 41,8 ± 3,56. Persentase daya hidupspermatozoa dalam pengencer fosfat kuning telur yang disimpan pada suhu 4ºC selama 32 jamsebesar 57 ± 3,56.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arista Novi Sandra, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan
Wayan Bebas, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Laboratorium Reproduksi Veteriner
I Gusti Ngurah Bagus Trilaksana, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Laboratorium Reproduksi Veteriner
Published
2016-08-18
How to Cite
SANDRA, Arista Novi; BEBAS, Wayan; TRILAKSANA, I Gusti Ngurah Bagus. Motilitas dan Viabilitas Spermatozoa Burung Puyuh (Coturunix coturnix japonica) dalam Pengencer Fosfat Kuning Telur pada Suhu 4ºC. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], aug. 2016. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/24920>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Spermatozoa burung puyuh, motilitas, viabilitas, fosfat kuning telur

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>