Perubahan Histopatologi Otak Tikus Putih Berupa Kongesti dan Edema Perivaskuler Akibat Pemberian Tambahan Ragi Tape dalam Pakan

  • Anggia Yustisia Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Ida Bagus Oka Winaya Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Ketut Berata Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Samsuri Samsuri Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan histologi otak tikus putih akibat pemberian tambahan ragi tape dalam pakan pada dosis bertahap serta lama pemberian.  Tikus putih betina sebanyak 24 ekor digunakan dalam penelitian ini.  Tikus putih percobaan diberi pakan campuran pellet dan ragi tape.  Tikus putih dikelompokkan menjadi empat perlakuan dengan enam kali ulangan, yaitu: P0: kontrol; P1: pemberian ragi tape 100 mg/kg BB; P2: pemberian ragi tape 200 mg/kg BB; P3: pemberian ragi tape 300 mg/kg BB.   Semua tikus putih perlakuans, setelah nyawa tikus dikorbankan, dinekropsi pada hari ke-22.  Jaringan otak diambil dan diproses untuk dibuat preparat dengan pewarnaan Hematoksilin-Eosin (HE).  Variabel yang diperiksa meliputi adanya lesi kongesti dan edema.  Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji Kruskal-Wallis.  Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nyata pada kongesti dan edema dari kelompok perlakuan dibanding kelompok kontrol, kemudian dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney untuk mengetahui rerata skor dari masing-masing perlakuan.  Simpulan dari penelitian ini adalah pemberian ragi tape menyebabkan perubahan histologi pada otak tikus putih, berupa lesi kongesti dan edema, kerusakan otak terberat terjadi pada tikus yang memperoleh dosis perlakuan 300 mg/kg BB.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ida Bagus Oka Winaya, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Patologi Veteriner

I Ketut Berata, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Patologi Veteriner

Samsuri Samsuri, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Fisiologi, Farmakologi dan Farmasi Veteriner

Published
2020-11-30
How to Cite
YUSTISIA, Anggia et al. Perubahan Histopatologi Otak Tikus Putih Berupa Kongesti dan Edema Perivaskuler Akibat Pemberian Tambahan Ragi Tape dalam Pakan. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 910-919, nov. 2020. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/68915>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2020.9.6.910.
Section
Original Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>