Daya Simpan Semen Ayam Cemani dalam Pengencer Susu Skim Fosfat pada Suhu 4C Berdasarkan Motilitas dan Daya Hidup Spermatozoa

  • Josephine Aurora Budi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Wayan Bebas Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui motilitas dan daya hidup spermatozoa yang disimpan dalam pengencer susu skim fosfat pada suhu 4oC.  Semen ayam cemani diencerkan dengan perbandingan 1:25 dan disimpan dalam suhu 4oC, kemudian diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya dengan pembesaran 400 kali pada jam ke-0, 12, 24, 36, 48, 60, dan 72 jam.  Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), data yang diperoleh diuji dengan sidik ragam dan uji Duncan.  Motilitas spermatozoa diamati dengan melihat pergerakan progresifnya dan dihitung dalam satuan persen, sedangkan daya hidup spermatozoa diamati dengan pengecatan eosin negrosin citrate.  Spermatozoa yang hidup akan terlihat bening dan yang mati berwarna merah.  Hasil dari uji tersebut menunjukan motilitas dan daya hidup spermatozoa mengalami penurunan selama penyimpanan.  Motilitas semen spermatozoa disimpan selama 48 jam pada suhu 4oC adalah 44%.  Daya hidup spermatozoa selama penyimpanan semen 48 jam pada suhu 4 oC adalah 45,75%, hal itu sesuai dengan standar minimal untuk inseminasi buatan.  Semen ayam cemani dapat disimpan sampai dua hari pada suhu 4oC dengan pengencer susu skim fosfat. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wayan Bebas, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Reproduksi Veteriner

Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Reproduksi Veteriner

Published
2020-09-30
How to Cite
BUDI, Josephine Aurora; BEBAS, Wayan; LAKSMI, Desak Nyoman Dewi Indira. Daya Simpan Semen Ayam Cemani dalam Pengencer Susu Skim Fosfat pada Suhu 4C Berdasarkan Motilitas dan Daya Hidup Spermatozoa. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 705-715, sep. 2020. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/66443>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2020.9.5.705.
Section
Original Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>