Mempertahankan Motilitas dan Viabilitas Spermatozoa Babi dalam Pengencer Air Kelapa Kuning Telur Bebek dengan Pengimbuhan Sari Wortel

  • Kadek Soma Apriliana Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Wayan Bebas Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Bagus Trilaksana Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan pengencer semen babi yang murah, berkualitas, dan mudah dibuat dengan menggunakan air kelapa dan kuning telur yang ditambahkan sari wortel.  Penelitian ini menggunakan satu ekor babi Landrace jantan dan penampungan semen dilakukan dengan metode massage.  Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap, terdiri dari dua perlakuan, yaitu perlakuan satu:  semen babi diencerkan dengan pengencer air kelapa kuning telur bebek; dan perlakuan dua: semen babi diencerkan dengan air kelapa kuning telur bebek dengan penambahan sari wortel 1%.  Semen yang telah diencerkan disimpan pada suhu 18-20ºC dengan lama penyimpanan masing-masing:  0 jam, 4 jam, 8 jam, 12 jam, 16 jam, 20 jam, 24 jam, 28 jam dan 32 jam.  Masing-masing perlakuan diulang sebanyak tiga kali, sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah 27 sampel untuk setiap perlakuan.  Selama penyimpanan dilakukan pengamatan terhadap motilitas dan viabilitas spermatozoa.  Data yang diperoleh dianalisis dengan uji sidik ragam, dan bila terdapat perbedaan yang bermakna maka dilanjutkan menggunakan uji DuncanHasil penelitian menunjukkan lama simpan semen dalam pengencer air kelapa kuning telur bebek dengan penambahan sari wortel berpengaruh nyata terhadap motilitas dan viabilitas spermatozoa babi Landrace.  Penambahan sari wortel mampu mempertahankan motilitas progresif selama 20 jam dengan persentase 41,39%, sedangkan viabilitas dipertahankan selama 28 jam dengan persentase 45,45%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wayan Bebas, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Reproduksi dan Kemajiran Veteriner

I Gusti Ngurah Bagus Trilaksana, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Reproduksi dan Kemajiran Veteriner

Published
2021-05-31
How to Cite
APRILIANA, Kadek Soma; BEBAS, Wayan; TRILAKSANA, I Gusti Ngurah Bagus. Mempertahankan Motilitas dan Viabilitas Spermatozoa Babi dalam Pengencer Air Kelapa Kuning Telur Bebek dengan Pengimbuhan Sari Wortel. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 409-419, may 2021. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/70878>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2021.10.3.409.
Section
Original Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>