PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, PROGAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN

  • I Gusti Ngurah Aritama Negara Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Dewi Adnyani Universitas Udayana

Abstract

Perkembangan produksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan. Saat ini terdapat lebih dari 500 perusahaan AMDK dimana sebagian besar (60%) merupakan pemain berskala sedang kecil yang wilayah pemasarannya bersifat lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan program keselamatan dan kesehatan kerja terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini  dilakukan pada PT. Tirta Investama Mambal Kabupaten Badung. Jumlah populasi yang diambil sebanyak 238 orang, dalam penelitian ini metode penentuan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling diambil sebanyak 70 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui data primer berupa kuesioner dan wawancara. Teknik analisis yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan gaya kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, serta program keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja.


Kata Kunci: gaya kepemimpinan transformasional, budaya orgaisasi, program keselamatan dan kesehatan kerja, kepuasan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-23
How to Cite
NEGARA, I Gusti Ngurah Aritama; ADNYANI, I Gusti Ayu Dewi. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, PROGAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 21- 40, jan. 2021. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/67710>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i01.p02.
Section
Articles