PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PRODUSEN MAKANAN OLEH-OLEH KHAS BALI

  • Putu Diah Saraswati Universitas Udayana
  • I Wayan Santika Universitas Udayana

Abstract

Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Bali membuat adanya kecenderungan wisatawan untuk membeliĀ  oleh-oleh khas Bali, hal tersebut akan mempengaruhi penjualan dari produsen makanan oleh-oleh khas Bali yang merupakan ukuran dari kinerja pemasaran produsen tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung dan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) serta uji sobel. Hasil analisis menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk dan kinerja pemasaran. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Inovasi produk berperan secara signifikan memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran.


Kata Kunci: orientasi pasar, inovasi produk, kinerja pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-03
How to Cite
SARASWATI, Putu Diah; SANTIKA, I Wayan. PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PRODUSEN MAKANAN OLEH-OLEH KHAS BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 12, p. 6992 - 7012, dec. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/49547>. Date accessed: 14 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i12.p05.
Section
Articles