Characterization Of The Main Character In The Movie “The Unborn” Based On Physiological, Sociological, And Psychological Dimensions

  • Ni Putu Yefta Helen Jayantrina Udayana University
  • I Nyoman Sedeng Udayana University
  • Luh Putu Laksminy Udayana University

Abstract

Penelitian ini berjudul “Karakterisasi Dari Karakter Utama Dalam Film The Unborn  Berdasarkan Dimensi Fisiologis, Sosiologis, Dan Psikologis”. Penelitian ini berkaitan dengan pengertian secara menyeluruh tentang Casey Beldon sebagai karakter utama yang berhubungan dengan aspek fisiologis, aspek sosiologis, dan aspek psikologis. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengarang menyajikan karakter utama dari film The Unborn dengan dua cara penganalisaan karakterisasi seperti jenis karakterisasi dan metode karakterisasi. Selain itu, tujuan lain dari penilitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengarang menyampaikan kehidupan karakter utama berdasarkan tiga dimensi seperti dimensi fisiologis, dimensi sosiologis, dan dimensi psikologis. Kemudian, sumber data penelitian ini diambil dari sebuah film yang berjudul The Unborn (2009). Pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Disamping itu, data yang sudah terkumpul dianalisa secara deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian tentang karakterisasi tokoh utama dari film The Unborn ini telah dianalisa dengan teori-teori yang dikemukakan dari empat  tokoh ahli sastra seperti Teori Jenis Karakterisasi oleh Warren and Wellek (1976), Teori Metode Karakterisasi oleh Kenney (1966), dan Teori Tiga Dimensi Dari Karakter oleh Egri dalam buku Sukada.(1987).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-19
How to Cite
YEFTA HELEN JAYANTRINA, Ni Putu; SEDENG, I Nyoman; LAKSMINY, Luh Putu. Characterization Of The Main Character In The Movie “The Unborn” Based On Physiological, Sociological, And Psychological Dimensions. Humanis, [S.l.], p. 207-215, apr. 2023. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/34288>. Date accessed: 23 sep. 2023.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>