Figurative Language In Song Lyric “Tears And Rain” By James Blunt

  • Gede Angga Krisma Carya Udayana University
  • I Nyoman Sedeng Udayana University
  • Yana Qomariana Udayana University

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Figurative Language In Song Lyric Tears and Rain by James Blunt”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis figurative language yang terdapat pada lagu “Tears and Rain” oleh James Blunt serta mengetahui tipe-tipe atau jenis makna yang terkandung dalam lagu tersebut. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis dengan metode kualitatif dan diidentifikasi berdasarkan teori dari Knickerbocker dan Rinenger pada buku mereka yang berjudul Interpreting Literature (1963) dan Leech pada bukunya yang berjudul Semantics (1974).
Hasil dari penelitian menunjukan, terdapat empat jenis figurative language pada lagu “Tears and Rain” oleh James blunt yaitu hyperbole (6 bait), metonymy (1 bait), irony (1 bait), dan simile (1 bait). Sebagian besar jenis figurative language yang digunakan pada lagu adalah jenis hyperbole. Mengenai jenis-jenis makna lagu, dapat disimpulkan ada tiga jenis makna yang terdapat pada lagu “Tears and Rain” oleh James Blunt yaitu conceptual meaning (4 bait), connotative meaning (11 bait), dan collocative meaning (1 bait). Sebagian besar makna yang digunakan pada lagu adalah connotative meaning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-12-01
How to Cite
ANGGA KRISMA CARYA, Gede; SEDENG, I Nyoman; QOMARIANA, Yana. Figurative Language In Song Lyric “Tears And Rain” By James Blunt. Humanis, [S.l.], v. 17, n. 3, p. 36-40, dec. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/33136>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>