Figurative Language In Roth’s “Allegiant”

  • Pikha Nusawan
  • Luh Putu Laksminy

Abstract

Penelitian ini berjudul Figurative Language in Roth Allegiant. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan figurative langauge yang terdapat di dalam novel Allegiant dan untuk menganalisa makna dari figurative language yg ditemukan di dalam novel Allegiant. Di dalam penelitian ini adapun teori yang di gunakan dari buku yang berjudul Interpreting Literature oleh Knickerbocker (1963) dan selain itu juga menggunakan teori yang di kemukan oleh Leech (1974) dengan judul Theori of Semantic. Figurative Language merupakan penggunaan sebuah kata atau ekspresi dengan sebuah makna yang di dalamnya terdapat perbedaan dari penafsiran literal. Di dalam hal ini, terkadang figurative language menggunakan bahasa kiasan agar lebih efektif, persuasif, dan berpengaruh.


Pengumpulan data di dalam penelitian ini di lakukan melalui beberapa cara di antaranya, membaca novel dengan perlahan, menggaris bawahi kalimat yang termasuk jenis dari Figurative Language di dalamnya. Dan semua informasi dari data berhubungan dengan topik.


Di dalam penelitian ini, terdapat tujuh jenis Figurative Language serta makna yang muncul di dalam novel Allegiant. Adapun jenis Figurative Language yang di temukan seperti, simile, hyperbole, metaphor, synecdoche, personification, allusion, dan irony. Di samping itu, terdapat empat jenis makna yang di temukan di dalam novel, yakni makna conceptual, makna connotative, makna affective dan makna reflected. Penggunaan Figurative Language di dalam novel di buat agar lebih menarik untuk di baca.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
NUSAWAN, Pikha; LAKSMINY, Luh Putu. Figurative Language In Roth’s “Allegiant”. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29512>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Novel, Figurative Language, Makna