Arguing in Toy Story Movies

  • Ni Kadek Yunitha Kurnianty
  • Luh Putu Laksminy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen argumen dalam argumen yang merupakan tindakan ilokusi asertif yang diucapkan oleh karakter dalam perdebatan yang terdapat dalam film. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi makna tersirat yang terkandung dalam argumen yang merupakan tindakan ilokusi asertif tersebut.


Data pada penelitian ini diambil dari film berjudul Toy Story dan dua sekuelnya yang berjudul Toy Story 2 dan Toy Story 3. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan pencatatan teknik. Data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Teori dari Searle tentang tindakan ilokusi diaplikasikan untuk menganalisis makna tersirat yang terkandung dalam argumen yang merupakan tindakan ilokusi asertif, dan teori penggunaan argumen dari Toulmin diaplikasikan untuk menganalisis komponen argumen yang terkandung dalam argumen yang merupakan tindakan ilokusi asertif tersebut.


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada data yang mengandung semua komponen argumen. Pembicara akan menambahkan satu atau lebih komponen dalam argumennya tergantung pada situasi yang memicu perdebatan, bukti-bukti yang dimiliki pembicara, dan kekuatan klaim pada argumennya. Penelitian ini mampu menunjukkan makna tersirat dari argumen yang merupakan tindakan ilokusi asertif yang diucapkan oleh karakter dalam film ketika mereka sedang berdebat. Konteks dari situasi dapat digunakan untuk mengidentifikasi makna tersirat di dalam argumen yang merupakan tindakan ilokusi asertif tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
KURNIANTY, Ni Kadek Yunitha; LAKSMINY, Luh Putu. Arguing in Toy Story Movies. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/28995>. Date accessed: 20 oct. 2021.
Section
Articles

Keywords

perdebatan, tindakan ilokusi asertif, argumen, komponen argumen, makna tersirat