Semiotics with Special Reference to Leonardo Dicaprio’s Oscar Memes
Abstract
Artikel yang berjudul “Semiotika dengan Referensi Khusus Leonardo Dicaprio Oscar Memes”ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan dasar di dalam penelitian ini; pertama, tanda Verbal dan tanda Non-Verbal di setiap meme dan kedua, pesan yang disampaikan oleh kedua tanda. Penelitian ini berfokus pada penyajian makna yang disampaikan dalam tanda Verbal dan tanda Non-Verbal dari setiap meme.
Data diambil dari dua situs web di Internet yaitu www. memecenter.com dan www. memegenerator.net. Semua data adalah meme yang bertujuan mengejek orang. Metode dokumentasi digunakan dalam mengumpulkan data dan metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif berdasarkan dua teori: pertama, teori Semiotika yang diusulkan oleh Saussure. Teori ini digunakan untuk mengklasifikasikan dan menjelaskan pesan dari tanda Verbal dan tanda Non- Verbal dari setiap meme. Kedua, teori yang diusulkan oleh Dyer tentang Jenis-jenis Komunikasi Visual. Teori ini digunakan untuk menganalisis setiap tanda yang terkandung dalam Non- Verbal.
Berdasarkan analisis dan pembahasan ditemukan bahwa semua meme di penelitian ini memiliki dua tanda: tanda Verbal dan tanda Non-Verbal yang diformulasikan dalam meme. Tanda Verbal berasal dari setiap kalimat atau kata yang muncul di meme, sementara tanda Non-verbal berasal dari gambar di meme. Selain itu, dari segi makna meme, dapat dilihat pertanda atau konsep abstrak dari setiap meme. Setiap meme memiliki tanda dan fitur khususnya sendiri yang menyebabkan pesan dari setiap meme berbeda . Pesan dari meme ini kebanyakan tentang lelucon yang mengandung humor yang memiliki tujuan untuk menghibur.