Figurative Language In The Song Lyric Of Green Day’s Album Entitled “Warning”

  • I Wayan Juliadi Sastra
  • I Gede Putu Sudana
  • Sang Ayu Isnu Maharani

Abstract

Studi ini difokuskan kepada aspek semantik dari lirik-lirik lagu di album Warning dari band Green Day. Tujuan dari studi ini dibagi menjadi dua.Pertama, studi inii bertujuan untuk mengidentifikasi fitur-fitur figuratif diantaranya personifikasi, hiperbola, simile, dan ironi yang ditemukan pada lirik-lirik lagu di album Warning dari band Green Day. Kedua, studi ini bertujuan untuk menjelaskan makna kata dari fitur-fitur figuratif, diantaranya personifikasi, hiperbola, simile, dan ironi yang digunakan di dalam lirik-lirik lagu tersebut. Metode yang digunakan untuk studi ini menganalisis secara kualitatif berdasarkan teori figuratif dari Knickerbocker dan Renier(1963) dan teori makna kata dari Geoffrey Leech(1979).

Hasil analisis dalam teori ini menunjukkan bahwa lirik-lirik lagu dalam album Warning mengandung fitur-fitur figuratif diantaranya personifikasi, hiperbola, simile, dan ironi. Makna kata diantaranya konseptual dan konotatif, dipresentasikan di dalam fitur-fitur figuratif tersebut. Fitur-fitur figuratif dan makna kata tersebut digunakan oleh penulis lagu dengan tujuan untuk menghibur endengar dari lagu-lagu tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SASTRA, I Wayan Juliadi; SUDANA, I Gede Putu; MAHARANI, Sang Ayu Isnu. Figurative Language In The Song Lyric Of Green Day’s Album Entitled “Warning”. Humanis, [S.l.], jan. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29524>. Date accessed: 23 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Bahasa figuratif, Makna kata, Lirik lagu, Green day

Most read articles by the same author(s)