Word Formation on Twitter Posts

  • I Wayan Suparta
  • Yana Qomariana
  • Ni Ketut Sri Rahayuni

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pembentukkan Kata pada Postingan Twitter”. Penelitian ini terinspirasi dari fenomena di media sosial bernama Twitter di mana beberapa penggunanya cenderung menciptakan istilah-istilah baru yang unik dan menarik lalu kemudian menggunakannya sebagai salah satu alat untuk berkomunikasi. Peristiwa ini terjadi dikarenakan ada beberapa hal yang tidak bisa mereka ungkapkan dengan istilah yang sudah ada sebelumnya. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan dan menjelaskan proses pembentukkan kata pada postingan Twitter dan juga menentukan makna yang muncul akibat proses tersebut.

Sumber data penelitian ini diambil dari beberapa postingan di Twitter. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metoda dokumentasi dengan teknik pencatatan. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisa menggunakan metoda deskriptif kwalitatif. Berdasarkan teori morfologi oleh Lieber (2009), terdapat delapan proses pembentukkan kata yang ditemukan pada penelitian ini yang kemudian dianalisa dan dideskripsikan makna kata tersebut menggunakan teori makna oleh Chaer (2014). Terdapat lima makna yang ditemukan pada analisa data yakni makna leksikal, makna gramatikal, makna kontekstual, makna konseptual dan makna asosiatif.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SUPARTA, I Wayan; QOMARIANA, Yana; SRI RAHAYUNI, Ni Ketut. Word Formation on Twitter Posts. Humanis, [S.l.], v. 18, n. 1, feb. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/26411>. Date accessed: 03 mar. 2021.
Section
Articles

Keywords

pembentukkan kata, makna, postingan Twitter