Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Udayana

  • Adixie Axell Arrixavier Universitas Udayana
  • Ni Made Swasti Wulanyani Universitas Udayana

Abstract

Prestasi belajar merupakan indikator utama keberhasilan sebuah proses pendidikan, utamanya bagi remaja akhir. Program beasiswa bidikmisi membantu mahasiswa yang kurang mampu dalam segi ekonomi namun terkendala oleh faktor ekonomi. Beasiswa bidikmisi mengharuskan mahasiswa untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal yaitu motivasi belajar dan faktor eksternal yaitu fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa bidikmisi Universitas Udayana. Subjek dalam penelitian adalah 112 orang mahasiswa bidikmisi Universitas Udayana. Pengumpulan data menggunakan skala fasilitas belajar, skala motivasi belajar, dan nilai IPK sampai semester terakhir. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,240 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,058, dengan nilai signifikansi sebesar 0,040 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berperan terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 5,8%, dan 94,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteiti. Nilai koefisien beta tidak terstandarisasi pada variabel fasilitas belajar sebesar -0,160 dengan signifikansi 0,368 (p>0,05) dan motivasi belajar sebesar 0,342 dengan signifikansi 0,011 (p<0,05). Motivasi belajar berperan signifikan terhadap prestasi belajar namun fasilitas belajar saja tidak berperan signifikan terhadap prestasi belajar. Dengan demikian untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dengan beasiswa bidikmisi diperlukan dukungan fasilitas belajar dan motivasi belajar, bukan hanya fasilitas belajar saja.


 


Bidikmisi scholarship is one of the government programs for students who have a problem with their economic. The Bidikmisi scholarship requires the students to get good learning achievements. Learning achievement is the main indicator of a successful educational, especially for teens. Learning achievements are influenced by internal factor namely learning motivation and external factor which is learning facilities. This study aims at finding out the role of learning facilities and learning motivation toward learning achievement in Bidikmisi Students at Udayana University. The subjects in the study were 112 Bidikmisi students at Udayana University. The data was collected through a scale of learning facilities, a scale of learning motivation, and GPA scores until the last semester. The technique used to analyzed data was a multiple regression test. The results showed a regression coefficient of 0.240 and a coefficient of determination of 0.058, with a significance value of 0.040 (p <0.05). These results indicate that learning facilities and learning motivation contribute to learning achievement in the amount of 5,8%, and 94,2% are influenced by other variables that are not examined. The coefficient value of beta unstandardized in the learning facilities variable of -0.160 with a significance of 0.368 (p> 0.05) and learning motivation of 0.342 with a significance of 0.011 (p <0.05). Learning motivation influence to the learning achievement, however learning facilities play a not significant role in learning achievement. Thus to improve student learning achievement with Bidikmisi scholarships it is necessary to support learning facilities and learning motivation, not just learning facilities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A., & Widodo S. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alawiyah, S., Ghozali, S., & Sastrowiyono, S. (2019). Pengaruh lingkungan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(2).

Anggraini, I. S. (2016). Motivasi belajar dan faktor-faktor yang berpengaruh: sebuah kajian pada interaksi pembelajaran mahasiswa. Naskah Tidak Dipublikasikan. Prodi PGSD IKIP PGRI Madiun

Anita, D. (2015). Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul tahun ajaran 2014/2015. Naskah tidak dipublikasikan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Anurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arrixavier, A. A. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar mahasiswa bidikmisi Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Artikel studi pendahuluan. (Tidak dipublikasikan). Program Studi Sarjan Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Arsyad, A. (2006). Media pembelajaran. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Azwar, S. (2014). Dasar-dasar psikometri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2016). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Chaplin, J.P (2002). Kamus lengkap psikologi (penerjemah: Kartini Kartono). Jakarta: Rajawali Press.

Cynthia, C. L. (2016). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. (Skrispi tidak dipublikasikan). Program Studi Pendidikan ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Damayani, R. (2013). Pengaruh cara belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga. Naskah tidak dipublikasikan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Dikti. (2019). Apa saja persyaratan bidikmisi 2019?. Diakses pada tanggal 4 April 2019 dari laman: https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/petunjuk/view?q=apa-saja-persyaratanbidikmisi-2019-&id=49

Dimyanti, & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2011). Strategi belajar mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Febriani, P. S., & Sarino, A. (2017). Dampak cara belajar dan fasilitas belajar dalam meningkatan prestasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Manajerial, 2(2).

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS. London: Sage.

Ghazali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro

Gie, The Liang. (2002). Cara belajar yang baik bagi mahasiswa. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hamalik, O. (2002). Metode belajar dan kesulitan-kesulitan. Bandung: Ganesha.

Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka

Hartaji, D. A. (2012). Motivasi berprestasi pada mahasiswa yang berkuliah dengan jurusan pilihan orangtua. Naskah tidak dipublikasikan, Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Hasnah. (2014). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar PPKN murid kelas V Sdn 53 Sawerigading. Prosiding Seminar Nasional, 01(1).

Hintzman, D. L. (1978). The psychology of learning and memory. San Francisco: W. H. Freeman & Company

Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan anak jilid 1 edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Indriani, A. (2014). Pengaruh motivasi belajar siswa kelas V terhadap prestasi belajar matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Jemudin, F. D. E., Makur, A. P., & Ali, F. A. (2019). Hubungan Sikap Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smpn 6 Langke Rembong. Journal of Honai Math, 2(1).

Jerome, S. B. (1960). The process of education. Harvard University Press Cambridge.

KBBI. (2019). Kamus besar bahasa indonesia (KBBI). Diakses pada tanggal 6 Juni 2019 dari laman: http://kbbi.web.id/

Khotimah, K. (2010). Pengaruh motivasi menjadi guru dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Naskah tidak dipublikasikan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Makrifat. (2012). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa pada bidang studi pai di SMA-IT Wahdah Islamiyah Makassar. (Tesis tidak dipublikasikan). Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar.

Mohamad, S. (2004). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Muhorji, S. (2004). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi guru profesional. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Mustamin, & Sulasteri, S. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (Mapan), 1(1).

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Parameswari, S. S. (2019). Pembelajaran fisika dengan model learning cycle 5e menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas X SMAN 5 Surakarta. Naskah tidak dipublikasikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pratiwi, S. S. (2016). Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri yogyakarta. Naskah tidak dipublikasikan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Prihatin, M. S. (2017). Pengaruh fasilitas belajar, gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(5).

Putri, T. (2018). Ada apa dengan pendidikan di indonesia? Diakses pada tanggal 28 Mei 2018 pada laman: https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20180103112420-445-266335/adaapa-dengan-pendidikan-di-indonesia/

Riduwan. (2012). Metode & teknik menyusun proposal penelitian. Bandung: Alfabeta

Sahita, N. A., & Rachmawati, L. (2018). Pengaruh motivasi dan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IIS SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan. 2(2).

Santoso, S. (2014). Panduan lengkap SPSS versi 20. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Garfindo Persada

Sari, R. (2017). Pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar bahasa arab siswa kelas VIII di MTs. Nurul Islam Sekarbela Tahun Pelajaran 2016/2017. Naskah tidak dipublikasikan, FITK, UIN Mataram.

Setyawan, B. (2013). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Naskah Tidak Dipublikasikan, Prodi Ekonomi BKK Administrasi Perkantoran, FKIP Universitas Sebelas Maret.

Sevilla, C. G. (2007). Research methods. Quezon City: Rex Printing Company.

Sholeh, B., & Sa’diah, H. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar IPS Siswa SMP Nurul Iman Parung Bogor tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, 3(2).

Siswoyo, D. (2007). Ilmu pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Soemanto. (2006). Psikologi pendidikan landasan kerja pemimpin pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta

Sunadi, L. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi 1(1).

Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Susanti, L. F. D. (2014). Pengaruh penerapan metode pembelajaran tipe numbered heads together (NHT) terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari jenis kelamin SMP Negeri 2 Grobogan. Naskah tidak dipublikasikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Syah, M. (2014). Psikologi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tirtonegoro, S. (2001). Penelitian hasil belajar mengajar. Surabaya : Usaha Nasional

Uno, H. B. (2006). Teori motivasi dan pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2012). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

UU No. 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, diakses pada tanggal 30 Mei 2018, pada laman: http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/02/uu-nomor-12tahun-2012-ttg-pendidikan-tinggi.pdf

UU No. 32 Tahun 2013 tentang standar nasional pendidikan, diakses pada tanggal 30 Mei 2018, pada laman: http://www.kemendagri.go.id/media/documents/2013/05/29/p/p/pp_no.322013.pdf

Vamuliana. (2003). Hubungan antara latar belakang keluarga dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran kejuruan pada siswa kelas II Rumpun Bangunan SMK 5. Prosiding Seminar Proposal, 01(1).

Vanderstoep, S.W., & Johnston, D.D. (2009). Research methods for everyday life blending qualitative and quantitative approaches. San Francisco: Jossey-Bass.

Wahab, R. (2016). Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Widowati, D. (2014). Pengaruh kompetensi profesional dosen dan fasilitas perkuliahan terhadap prestasi mahasiswa Politeknik NSC Surabaya. Jurnal Bisnis & Teknologi, 1(1).

Wijaya, I. G. N. S. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa di STMIK Stikom Bali. Jurnal Bakti Saraswati, 7(2).

Wittig, A. F. (1981), Psychology of learning. Schaum’s out-line series. New York: Mc. Grow Hill Book Company.

Yuliawan, A. (2016). Hubungan antara motivasi belajar dan latar belakang pendidikan dengan prestasi belajar mahasiswa. PROFESI, 14(1).
Published
2020-04-30
How to Cite
ARRIXAVIER, Adixie Axell; WULANYANI, Ni Made Swasti. Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 81-90, apr. 2020. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/56152>. Date accessed: 16 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2020.v07.i01.p09.
Section
Articles