Perbedaan kepuasan konsumen mahasiswa-mahasiswi Program Studi Psikologi Universitas Udayana terhadap pelayanan online store

  • Novia Imelda Yuslina Damanik Universitas Udayana
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Udayana

Abstract




Berbelanja merupakan salah satu cara manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan setiap manusia berbeda-beda, baik dari usia, jenis kelamin, sosial ekonomi dan juga status. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, manusia memerlukan interaksi dengan orang lain, salah satunya melalui kegiatan jual beli. Kegiatan jual beli pada mulanya hanya dapat berjalan apabila dilakukan secara konvensional, yaitu dengan tatap muka. Di era globalisasi, teknologi internet dapat menjadi media penjual dan pembeli melakukan kegiatan jual beli tanpa harus bertemu di suatu tempat atau toko. Perubahan proses ini mendorong masyarakat, dimana tidak hanya konsumen perempuan yang memiliki kebiasaan berbelanja online, tetapi juga mendorong konsumen laki-laki untuk berbelanja online. Mahasiswa dan mahasiswi lebih banyak menggunakan online store untuk berbelanja karena transaksi yang cepat dan hemat waktu. Konsumen mahasiswa maupun mahasiswi yang pernah belanja online memiliki pengalaman pelayan yang berbeda-beda dan faktor yang dapat mempertahankan perilaku belanja online tersebut adalah faktor kepuasan. Pengalaman pelayanan yang paling melekat dalam belanja online biasanya berupa ketanggapan, kecepatan, profesionalisme, dari admin online store dalam melayani konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan kosumen mahasiswa dan mahasiswi terhadap pelayanan online store. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Psikologi Faktultas Kedokteran Universitas Udayana. Subjek total berjumlah 63 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 52 orang perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah skala kepuasan konsumen dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.966. Hasil uji analisis T-test, menunjukkan nilai p sebesar 0.142>0.05, dengan demikian Ha ditolak, yang artinya tidak terdapat perbedaan kepuasan antara konsumen mahasiswa dengan mahasiswi terhadap pelayanan online store.


Kata kunci: Kepuasan konsumen, mahasiswa, mahasiswi, pelayanan online store.




Downloads

Download data is not yet available.

References

Aang007. (2015 November). Potensi Besar untuk Pemasukan Negara. Kominfo. Diunduh dari https://kominfo.go.id/
https://kominfo.go.id/ Alam, S., & Yasin, M. (2008). Perkembangan teknologi Internetdi Indonesia. Teknologinet. Diunduh dari
http://www.teknologinet.com/
Andriyanto. (2014 April). Perkembangan dan Sejarah Internet.
Ilmuti. Diunduh dari http://ilmuti.org/wp-content/uploads/ Anshari, & Rindy. (2013). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Online Dan Tingkat Kepuasan Membeli (Studi Korelasional tentang Strategi Penjualan Produk Fashion melalui “Instagram” terhadap Kepuasan Membeli Mahasiswa FISIP USU). Jurnal Ilmu Komunikasi. FLOW,
Vol 2 (7).
Azwar, S. (2010). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Azwar, S. (2013). Metode penelitian (Edisi ke-1). Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2013). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi Ke-2).
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Berata, D. (2015). Faktor-Faktor Jasa Pelayanan Perbankan
Yang Memengaruhi Kepuasan Konsumen Khususnya Konsumen Tabungan Pt. Bank Pembangunan Daerah Bali (Skripsi Tidak Dipublikasikan), Universitas Udayana, Bali.
Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media
Falakh, M., & Wijono, S. (2016). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Pada Villa Oase Van Java Salatiga. Skripsi Sarjana Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana.
Hadi, S. (1991). Statistik 2. Yogyakarta : Andi Offset
Hakim, M. (2016). Kepuasan Konsumen Dalam Berbelanja Melalui Media Online Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Skripsi Sarjana
Psikologi Universitas Muhammadyah Malang.
Hungu. (2007). Demografi Kesehatan Indonesia. Jakarta :
Grasindo
Kraljevic, R., & Filipovic, Z. (2017). Gender Differences &
Consumer Behavior Of Millenials. Acta Economica Et
Turistica, Vol. 3, (2017), No. 1, pp. 1-98
Lakshmi, V. V., Niharika, D. A., & Lahari, G. (2017). Impact of
Gender on Consumer Purchasing Behaviour. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668. Volume 19, Issue 8. Ver. V. (August 2017), PP 33-36. Diunduh dari www.iosrjournals.org
Lasmadiarta, M. (2010). Sukses Bisnis Toko Online: Trik Melipatgandakan Pasar untuk Meraup Untung Lebih Besar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Laudon, K. C., & Laudon, P. J., (2000).”Organization and Technology in The Networked Enterprise“ Management Information System, Six Edition, International Edition. Diunduh dari www. prenhall.com/laudon.
Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, F. D., (1995). An Integratif Model of Organizational Trust, Academy of Management Review [Adobe Digital Edition Version], 30 (3): 709-734.
Peter, & Olson. (1999). Consumer Behavior and Marketing Strategy [Adobe Digital Edition Version]. Richard D. Irwan Inc, Boston. Third Edition.
Prabowo, D. (2017, Juli 15). Pusat Belanja Tak Perlu Khawatir Dengan “Online Shop”. Kompas. Diunduh dari https://properti.kompas.com/read/
Pradana, M. (2015). Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Neo-Bis Universitas Telkom Bandung. Volume 9, No. 2, Des 2015.
Putrie, N. (2016). Perbedaan Motivasi Membeli Produk Fashion Secara Online Pada Laki-Laki Dan Perempuan Di Universitas Kristen Satya Wacana. Skripsi Sarjana Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana.
Rahma, T., Verina, H. L., & Hariyanto, H. S. V. (2012). Hubungan Antara Kualitas layanan Dan Harga Dengan Kepuasan Konsumen Online Shopping Pada Mahasiswi Unversitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1, (1), 1-12.
Riduwan, & Sunarto. (2011). Pengantar Statistika untuk penelitian: pendidikan, sosial, komunikasi, ekonomi, dan bisnis. Bandung: Alfabeta.
Ronaghi, M., Danae, H., Haghtalab, H. (2013). Survey of Effects of Gender on Consumer Behavior; Case Study on Mobile Phone. International Journal of Advanced Studies in Humanities and Social Science. Volume 1, Issue 8, 2013: 1024-1033. Diunduh dari http://www.ijashss.com
Sangadji, E., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Penerbit Andi
Santrock , W. S. (2003). Adolescence perkembangan remaja (6th ed.). Jakarta: Erlangga
Seock, Y. K., & Sauls, N. (2008). Hispanic Consumers’ Shopping
Orientation And Apparel Retail Store Evaluation Criteria, An Analysis Of Age And Gender Differences, Journal Of Fashion Marketing And Management, Vol. 12 No. 4, pp.469-486.
Setiawan, R. (2004). Pengantar statistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setyowati, R. (2012 Oktober). Prospek Belanja “Online”. Kompas. Diunduh dari https://tekno.kompas.com/read/ Sheikh, S., & Basti, M. (2015). Customer Satisfaction in Business
to Consumer (B2C) E-commerce: A Comparative Study of Turkey and Pakistan. Eurasian Journal of Business and Economics 2015, 8(16), 73-100.
Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen terhadap Sikap serta Perilaku Konsumen pada E-commerce. Jurnal Computect & Bisnis, Vol. 9, No. 1, Juni 2015, 23-36
Solomon, M. R. (2011). Consumer Behavior : Buying, Having and Being, 9th ed.,. New Jersey: Pearson Addison Wesley.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta .
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta. Supangat, A. (2006). Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis.
Bandung: Pustaka.
Sutrisna, P. B. (2015). Gambaran Kepercayaan Konsumen Dalam
Berbelanja Online di FJB Kaskus (Skripsi Tidak
Dipublikasikan), Universitas Udayana, Bali.
Tjiptono, F. (2005). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia.
Wade C., & Tavris, C. (2007). Psikologi Jilid 1, Edisi 9. Jakarta :
Erlangga.
Winarsunu, T. (2002). STATISTIK Dalam Penelitian Psikologi
dan Pendidikan. Malang: Penerbitan Universitas
Muhammadiyah Malang.
Wulandari, W., Sodik, & Rahayu, Y. I. (2016). Sikap Perilaku
Konsumen dalam Memutuskan Berbelanja di Pasar Tradisional Program Revitalisasi di Kota Malang (Studi Kasus Pasar Dinoyo). Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri (SENIATI), 2016, ISSN : 2085-4218.
Yunita, D. (2016). Transaksi Jual Beli Melalui Media Elektronik Pada Website Online Ditinjau Dari Aspek Hukum Islam. Skripsi Sarjana Hukum Islam UIN Alauddin Makassar.
Zikra, R., & Yusra, Z. (2016). Kepuasan Wanita Berbelanja Produk Fashion Berdasarkan Cara Membeli. Jurnal RAP Universitas Negeri Padang, Vol. 7, No. 1, Mei 2016, hlm. 55-66.
Published
2019-10-31
How to Cite
DAMANIK, Novia Imelda Yuslina; SUPRIYADI, Supriyadi. Perbedaan kepuasan konsumen mahasiswa-mahasiswi Program Studi Psikologi Universitas Udayana terhadap pelayanan online store. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 6, n. 02, p. 357-365, oct. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/54189>. Date accessed: 16 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i02.p15.
Section
Articles