HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS FISIK DAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL LANSIA DI KECAMATAN DAWAN KLUNGKUNG

  • Gede Desy Darmawan Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Ni Luh Nopi Andayani Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • I Putu Adiartha Griadhi Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Usia lanjut dapat mempengaruhi kemampuan manusia sehingga menyebabkan terjadinya perubahan fisik dan psikis yang berpengaruh terhadap kemunduran kemampuan fungsional lansia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan kemampuan fungsional lansia di Kecamatan Dawan Klungkung. Rancangan ini yaitu penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional yang di lakukan bulan maret tahun 2018. Jumlah sampel 68 orang (30 laki-laki, 38 perempuan) usia 60-74 tahun. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Uji hipotesis yang digunakan adalah Chi Square Test untuk menganalisis signifikansi hubungan aktifivitas fisik dengan kemampuan fungsional. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa hubungan aktivitas fisik dengan kemampuan fungsional lansia di Kecamatan Dawan Klungkung melalui perhitungan analisis, didapat nilai p ialah 0,006 (p < 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan kemampuan fungsional lansia di Kecamatan Dawan Klungkung.


Kata Kunci: Aktivitas Fisik, Kemampuan Fungsional, Lansia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-15
How to Cite
DARMAWAN, Gede Desy; ANDAYANI, Ni Luh Nopi; GRIADHI, I Putu Adiartha. HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS FISIK DAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL LANSIA DI KECAMATAN DAWAN KLUNGKUNG. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 23-26, sep. 2019. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/54659>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2019.v07.i03.p06.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>