PERAN CITRA DESTINASI MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN (Studi Pada Obyek Wisata Taman Edelweis Bali)

  • I Putu Hari Budi Utama Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Ketut Giantari Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran citra destinasi dalam memediasi pengaruh e-WOM terhadap niat berkunjung kembali wisatawan di obyek wisata Taman Edelweis Bali. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 128 wisatawan domestik yang sudah pernah berkunjung ke obyek wisata Taman Edelweis Bali dengan metode purposive sampling yang memiliki kriteria merupakan warga negara Indonesia, sudah berusia 17 tahun ke atas, dan pernah berkunjung ke obyek wisata Taman Edelweis Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path analysis) dan uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel e-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap niat berkunjung kembali wisatawan. Kemudian variabel e-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap citra destinasi, dan variabel citra destinasi berpengaruh positif signifikan terhadap niat berkunjung kembali wisatawan. Selain itu, variabel citra destinasi juga memediasi secara parsial pengaruh e-WOM terhadap niat berkunjung kembali wisatawan.


Kata kunci: e-WOM, citra destinasi, dan niat berkunjung kembali wisatawan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-03
How to Cite
UTAMA, I Putu Hari Budi; GIANTARI, I Gusti Ayu Ketut. PERAN CITRA DESTINASI MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN (Studi Pada Obyek Wisata Taman Edelweis Bali). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 1230 - 1251, apr. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/56270>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i04.p01.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)