PERAN KEPERCAYAAN MEREK MEMEDIASI PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BERPINDAH MEREK

  • Ida Bagus Gede Bhasmara Putra Universitas Udayana
  • Ni Made Wulandari Kusumadewi Universitas Udayana

Abstract

Ketidaksesuaian antara harapan konsumen dengan kenyataan yang didapatkan hal ini cepat atau lambat akan mempengaruhi pada penurunan kepercayaan merek sehingga hal ini menghentikan pembelian dan mencari merek lain untuk memuaskan keinginan dan harapan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap niat berpindah merek melalui kepercayaan merek pada pengguna kartu Simpati di kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90 responden melalui metode purposive sampling. Metode Pengumpulan data yang digunakan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik análisis jalur (path analysis) dan uji sobel. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh positif pada kepercayaan merek, kepuasan konsumen berpengaruh negatif pada niat berpindah merek, kepercayaan merek berpengaruh negatif pada niat berpindah merek dan kepercayaan merek sebagai mediasi kepuasan konsumen terhadap niat berpindah merek.


Kata kunci: kepuasan konsumen, kepercayaan merek, niat berpindah merek


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-03
How to Cite
BHASMARA PUTRA, Ida Bagus Gede; KUSUMADEWI, Ni Made Wulandari. PERAN KEPERCAYAAN MEREK MEMEDIASI PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BERPINDAH MEREK. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 10, p. 6346 - 6366, oct. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/47975>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i10.p24.
Section
Articles