PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE OPPO DI KOTA DENPASAR

  • Muhammad Roni Pratama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Made Wulandari Kusumadewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi yang cukup pesat membuat kebutuhan akan smartphone semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari masyarakat bahkan lebih mementingkan smartphone dibandingkan bersosialisasi dengan teman- teman atau kerabat yang ada di lingkungan sekitarnya. Sehingga menjadi peluang besar perusahaanperusahaan smartphone dalam memasarkan produknya ke pangsa pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Brand image dalam memediasi pengaruh E-WOM terhadap keputusan pembelian produk smartphone Oppo di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan pada produk smartphone Oppo dengan menggunakan metode non probability sampling khususnya purposive sampling. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil analisis dari penelitian ini yakni E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand image, Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Brand image mampu memediasi pengaruh E-WOM terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan perusahaan Oppo dapat memperhatikan E-WOM yang baik di media internet dengan harapan mampu mampu meningkatkan Brand image dari Oppo sehingga berpengaruh terhadap keputusan pembelian.


Kata kunci: E-WOM; Brand image; Keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-01
How to Cite
PRATAMA, Muhammad Roni; KUSUMADEWI, Ni Made Wulandari. PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE OPPO DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 7, p. 691 - 711, aug. 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/103479>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i07.p03.
Section
Articles