PERAN WORD OF MOUTH MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

  • Kadek Ery Satya Pranandha Universitas Udayana
  • Ni Made Wulandari Kusumadewi Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran word of mouth sebagai pemediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen produk minyak Kutus-Kutus. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Kota Denpasar yang sudah membeli minyak Kutus-Kutus. Penentuan sampel dalam penelitian ini memakai metode non-probalitity sampling sehingga dipilih 100 orang sebagai responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas produk dengan word of mouth, hubungan yang positif dan signifikan word of mouth dengan keputusan pembelian, hubungan yang positif dan signifikan kualitas produk dengan keputusan pembelian. Penelitian juga membuktikan bahwa word of mouth memediasi pengaruh kualitas produk dengan keputusan pembelian. Hasil penelitian ini secara praktis dapat menjadi salah satu acuan bagi peneliti lainnnya yang ingin meneliti mengenai kualitas produk, word of mouth dan keputusan pembelian konsumen.


Kata Kunci: Kualitas Produk, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-24
How to Cite
PRANANDHA, Kadek Ery Satya; KUSUMADEWI, Ni Made Wulandari. PERAN WORD OF MOUTH MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 443 - 463, mar. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/73829>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i03.p02.
Section
Articles