PERAN KEPUASAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

  • Tjok Istri Putri Kinara Pemayun Universitas Udayana
  • Ni Made Wulandari Kusumadewi Universitas Udayana

Abstract

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang memiliki kecenderungan terus meningkat dari waktu ke waktu. Salah satu jenis usaha kuliner yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat di Indonesia adalah makanan budaya Pop Korea atau yang lebih dikenal dengan sebutan Korean Wave. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan peran kepuasan memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk Gildak di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan kategori pelanggan yang pernah membeli produk dari Gildak. 120 orang merupakan sampel penelitian dengan metode purposive sampling. Data diceri dan kumpulkan melalui kuesioner kemudian memanfaatkan analisis jalur, uji VAF, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan; kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan; kepuasan merupakan variabel mediasi secara parsial pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk Gildak di Kota Denpasar. Implikasi teoretis dari penelitian ini mendukung konsep teori dan penelitian terdahulu serta kajian terkait teori perilaku konsumen. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pihak manajemen Gildak konsisten dalam menjaga kualitas produk yang disajikan dan meningkatkan kepuasan yang berimplikasi terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaranggana, A., & Rahanatha, G. B. (2018). Peran Kepuasan dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan. Udayana University.
Anggraini, F. P., & Srihandayani, C. M. (2022). Pengaruh Merek, Kepercayaan, dan Loyalitas Konsumen Terhadap Keputusann Pembelian Produk Emina Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas EkonomiUNIPA Surabaya. Journal of Sustainability Business Research, 3(4), 154-164.
Cahayani, M. (2021). Analisis Keberadaan Go Food Dan Grab Food Terhadap Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner Di Kelurahan Kekalik Jaya Kota Mataram. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 5 (1), 90-103.
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6762-6781
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022) Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. 3(1), 211-224.
Chairy, P. (2021). Analisi Loyalitas Pelanggan Ditinjau Dari Faktor Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Bengkwl Sepeda Motor Ahass 2192. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan Juripol, 4(1), 74-82.
Elvi, F; & Sabela, F. N. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum(Studi pada Perumda Sirin Maragun Kota Sekadau). Jurnal Manajemen Sains dan Organisasi, 3(3), 232-239.
Fadhli, K., dan Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), hal. 603-612.
Fitriani, S. D., Siswoyo, M., & Mahmudah. (2019). Konsep Diri Mahasiwa falam Membentuk Loyalitas Merek Sepatu Converse (Studi Deskriptif Kualitatif padaMahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon). Jurnal Signal, 7(2), 169–190.
Gito Sudarma. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Notebook Acer Pada PT. Genius Alva Makassar. 515-526.
Gusrizaldi, R., & Komalasari, E. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Jurnal Valuta, 2 (2), 286-303.
Harahap, B. I., Nazer, M., & Andrianus, F. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Dalam Belanja Online di Kota Solo. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 11(1), 1-9.
Haris, D., & Welsa, H. (2018). Kualitas dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta. UPAJIWA DEWANTARA, 2(2), 125-139.
Hartanto, Anthony dan Andreani, F. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lingkungan Fisik terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya”. Agora. Vol 7 No 1, hal 1-6.
Hariyanto., Arief, M. Y., & Praja, Y. (2022) Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Tehadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko F3 Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1(9), 1784-1795.
Hidayat, Rachmad. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.11, No.1, Hal: 59-72.
Hidayat, R., Sinuhaji, E., Widyaningrum, M., Erdiansyah, & Adrianto. (2018). Factors that affect students decision to choose private universities in Medan City Indonesia. Academy of Strategic Management Journal, 17(6), 1–8
Insani, N. A., & Madiawati, P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4 (3), 112-121.
Jufrizen., Fahmi, M., & Prayogi, M. A. (2018). Peran Kepercayaan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Website Terhadap Loyalitas Pelanggan Online Shop. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 121-130.
Kusumasasti, I., & Hadiwidjojo, A. D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. Jurnal EKOBIS – Ekonomi Bisnis, 22(2), 123-129.
Mappesona, H., Ikhsani, K., & Ali, H. (2020). Customer Purchase Decision Model, Supply Chain Management And Customer Satisfaction: Product Quality And Promotion Analysis. International Journal Of Supply Chain Management.
Mariah., & Ulfa, A. (2022) Pengaruh Social Media Influencer dan Brand AwarenessTerhadap Keputusan Pembelian Reddog Summarecon Mall Bekasi. Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis, 8 (4), 4873-4882.
Nata, W. (2016). Cara Mudah Memahami Statistika Ekonomi dan Bisnis (Edisi 4). Denpasar:Kerarasan Emas
Novandy, M. I., & Rastini, N. M. (2017). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studikasus : Usaha Ekspedisi Tiki Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 412. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p16
Novianti., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Mix : Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90–108. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006
Putra, F. W., & Sulityawati, E. (2018). Peran Kepuasan Pelanggan dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Rumah Makan Bakmi Tungku di Kabupaten Badung). E-Jurnal Manajemen Unud, 7(1), 525-554.
Putra, I. K. T. E., Sukaatmadja, I. P. G., & Yasa, N. N. K. (2016). Perilaku konsumen mengkonsumsi beras organik di Kota Denpasar berdasar theory of planned behavior. Jurnal Ekonomi & Bisnis Universitas Udayana, 8(3), hal. 2609-2638.
Putra, I. B. P., dan Kusumadewi, N. M. W. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Niat Pembelian Ulang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. E-Jurnal Manajemen, 8 (8), 4983-5006
Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516-524.
Putri, C. A., dan Trisnowati, J. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Sfa Steak dan Resto Karanganyar. Surakarta Manajemen Journal, 3(1), 13-19.
Putri, K. A. A. A. D., & Rastini N. M. (2022). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Konsumen The Gelas Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen, 11 (10), 1771-1791.
Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2 (2), hal 143.
Rahmawati, R., & Sentana, I. P. E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Mediasi Kepuasan Pelanggan. Jurnal Internasional Studi dan Penelitian Manajerial (IJMSR), 9(2), 22-32.
Ramadhan, D. F., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Influencer dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Restoran Gildak Kertabumi Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8 (17), 121-132.
Saputri, Z. R., Oktavia, A. N., Ramdhani, L. S., & Suherman, A. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Makanan Berbasis Web pada Café Surabiku. Jurnal Teknologi dan Informasi, 1 (9), hal 66-77.
Sari, N. M. D.S., & Jatra, I. M. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan KFC di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 8 (12), hal. 7349-7369.
Sasongko, S. R. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3 (1), 104-114.
Sendow, B. E. D., Mamentu, M. & Rengkung, F. (2018). Korean Wave Sebagai Instrumen Soft Power Diplomasi Kebudayaan Korean Selatan di Indonesia. Jurnal Ilmu Politik, 7(4).
Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ), 9(2), 114-126.
Setyowati., & Dinda Yamita. (2013), “Strategi Pemerintah Korea Selatan Dalam Meningkatanya Visitor Arrivals ke Korea Selatan,” UPN, Jawa Timur.
Setyo, Purnomo Edwin.2017.Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan KonsumenBest Autoworks, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 1, No. 6, hal.
Sitinjak, T. J. R. & Andrew, V. (2020). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi, dan Manajemen TRI BISNIS, 2(2), 198-217.
Sjam, Achmad Rafif & Anik Lestari Andjarwati 2018, ‘ Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi pada Pengguna Smartphone Asus Zenfone 5 di Surabaya)’ , Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 6, No. 1.
Pelanggan Produk Etude House di Galaxy Mall Surabaya. AGORA, 5(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke-26). Bandung: CV Alfabeta.
Swastha, B., & Handoko, H. (2011). Manajemen Pemasaran - Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Wantara, P. & Tambrin, M. (2019). The Effect of Price and Product Quality Towards Customer Satisfaction and Customer Loyalty on Madura Batik. International Tourism and Hospitality Journal, 2(1), 1-9.
Published
2024-05-30
How to Cite
PEMAYUN, Tjok Istri Putri Kinara; KUSUMADEWI, Ni Made Wulandari. PERAN KEPUASAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 5, p. 746 - 767, may 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/104726>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i05.p02.
Section
Articles