PERAN PERCEIVED VALUE MEMEDIASI HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap perceived value dan kepercayaan konsumen pada Hotel Puri Saron, untuk menjelaskan pengaruh perceived value terhadap kepercayaan konsumen pada Hotel Puri Saron, dan untuk menjelaskan peran perceived value memediasi hubungan kualitas pelayanan dengan kepercayaan konsumen pada Hotel Puri Saron. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang pernah menginap di Hotel Puri Saron. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang terdiri dari Wisatawan mancanegara yang berusia minimal berusia 20 tahun dan sudah pernah menginap di Hotel Puri saron minimal satu kali, dengan ukuran sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik analsis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signfikan terhadap perceived value di Puri Saron Hotel, 2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepercayaan konsumen di Puri Saron Hotel, 3) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayan konsumen di Puri Saron Hotel, dan 4) Perceived value secara positif dan signifikan memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap keopercayaa konsumen.
Kata kunci: kualitas pelayanan, perceived value, kepercayaan konsumen