PERAN STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA MEMEDIASI ORIENTASI PASAR DAN”ORIENTASI”KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA KECIL MENENGAH (Studi Pada Usaha Kecil Menengah Laundry di Kota Denpasar)
Abstract
Kinerja merupakan keberhasilan atau kegagalan organisasi dalam menjalankan tugas dan fungsi pokok dalam rangka mewujudkan visi, misinya, sasaran dan tujuan,. Suatu perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran strategi kepemimpinan biaya memediasi orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja UKM. Penelitian ini dilakukan di UKM Laundry di Kota Denpasar. Jumlah sampel sebanyak 160 UKM Laundry, dengan metode probability sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis dengan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis menunjukkan orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap strategi kepemimpinan biaya, orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan strategi kepemimpinan biaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM, dan strategi kepemimpinan biaya mampu memediasi pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM Laundry di Kota Denpasar.
Kata kunci: strategi kepemimpinan biaya, orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, kinerja UKM