PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI JANJI JIWA DENPASARN PEMBELIAN KOPI JANJI JIWA DENPASAR
Abstract
Perubahan gaya hidup masyarakat mempengaruhi berbagai konsumsi, salah satu pelopornya adalah Kopi Janji Jiwa yang memiliki kualitas tinggi sehingga memicu konsumen melakukan proses pembelian sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran citra merek memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan metode penentuan sampelnya adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, uji sobel dan uji VAF. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, citra merek berpengaruh positif dan signfikan terhadap keputusan pembelian, dan citra merek secara positif dan signifikan mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Implikasi teoritis dari hasil penelitian ini memberikan bukti pada pengembangan ilmu manajeman pemasaran. Implikasi praktis dari hasil penelitian ini yakni perusahaan harus lebih memperhatikan konsumen seperti memberikan pelayanan yang bagus, membuat konsumen loyal yang bisa dilakukan dengan cara memberikan reward seperti pemberian voucher, diskon, dan promo menarik lainnya. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi empiris pada ilmu manajemen serta bermanfaat bagi Perusahaan Kopi Janji Jiwa dalam menyusun srategi pemasaran produk.
Kata Kunci: Citra Merek; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian.
Downloads
References
Andriyani, Y., Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris di Wijaya Toyota Dago Bandung, Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi & Akuntansi, 1(2), hal. 80-103, https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103
Bhukari, Ayesha., Rana, Aqdas., Bhatti, Tariq. (2017). Factors influencing consumer’s green product purchase decision by mediation of green brand image, International Journal of Research, 4(7), pp. 1620-1632.
Candra, B.F., Suparna, Gede. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Niat Beli, E-Jurnal Manajemen Unud, 8(11), hal. 6638-6657. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p13
Dicky Darmajaya, I.B., Raka Sukawati, T.G. (2018). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian, E-Jurnal Manajemen Unud, 7(12), hal. 6391-6419. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i12.p1
Databoks. (2022). 7 Kedai Kopi Lokal Favorit Masyarakat Indonesia. From www.databoks.katadata.co.id website https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/26/7-kedai-kopi-lokal-favorit-masyarakat-indonesia-apa-saja
Go-jek Indonesia. (2022). Go-Food Kedai Kopi Janji Jiwa. From https://gofood.co.id
Hamidi, D.Z., & Prakoso, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Variabel Intervening Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomak, 4(2), hal. 1-18.
Handayani, L., Wirastomo., Jizenji T., Widodasih, Wening Ken. (2020). Keputusan Pembelian: Word Of Mouth, Kualitas Produk, Dan Harga (Studi Pada Kopi Janji Jiwa Jababeka), Jurnal Pelita Ilmu, 14(2), hal. 31-45.
Hermiyenti, S., Wardi, Y. (2018). A Literature Review on the Influence of Promotion, Price and Brand Image to Purchase Decision, Advances in Economics, Business and Management Research, vol. 64, pp. 538-545. http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Jiwa Group. (2022). Tentang Janji Jiwa. From www.jiwagroup.com website https://www.jiwagroup.com
Katalisnet. (2020). Kedai Kopi: Pilihan Bisnis Milenial. From www.katalisnet.com website https://katalisnet.com/kedai-kopi-pilihan-bisnis-para-milenial/
Katu, G.M.K., & Suparna, Gede (2022). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemi (Studi Pada Produk Smartphone Xiaomi di Kota Denpasar), E-Jurnal Manajemen, 11(4), hal. 762-783, https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i04.p07
Kemendikbud. (2022). Data Pokok Pendidikan. From www.dapo.kemendikbud.go.id website https://dapo.kemdikbud.go.id/pd/1/220000
Kotler, Philip and Gary Armstrong, (2016). Principles Of Marketing, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management (Global Edition). 15th Edition Pearson Prentice Hall: New Jersey
Kotler, Philip., & Gary. Armstrong. (2014). Principle of Marketing Edisi 14. Ebook: Pearson.
Kumbara, V.B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk, dan Endorse, Jurnal Manajemen Ilmu Terapan, 2(5), hal. 604-630, https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5
Kusumawardhani, A., Rosady, R.S. (2018). Analisis Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Sepatu Bata di Kota Semarang, Diponegoro Journal of Management, 7(2), hal. 277-287, Jun. 2018, http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Laila, E.J., Sudarwanto, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani di Butik Qta Ponorogo, Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 6(1), hal. 1-9.
Lesmana, R., Ayu, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT. Paragon Technology and Inovation, Manajemen Pemasaran, 2(3), hal. 59-72, http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK/article/viewFile/2830/2189
Nadiya, F.H., Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang), Prosiding Seminar Nasional Unimus, vol.3, hal. 1096-1104.
Rony Nazarany, M., Suparna, Gede. (2021). The Effect Of Luxury Brand, Brand Image, And Product Quality On Purchase Intention, American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5(1), pp. 290-295, http://www.ajhssr.com/
Novansa, H., Ali, H. (2017). Purchase Decision Model: Analysis of Brand Image, Brand Awareness and Price (Case Study SMECO Indonesia SME products), Humanities Soc. Sci., 2(8), pp. 621-632, http://scholarsmepub.com/
Oktaviena, R., Ardani, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia dengan Citra Merek sebagai Pemediasi, E-Jurnal Manajemen Unud, 8(3), hal. 1374 – 1400, https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i3.p8
Pratiwi, A., Ekawati, W. (2020). Brand Image Memediasi Hubungan E-Commerce dengan Keputusan Pembelian Konsumen, E-Jurnal Manajemen, 9(6), hal. 2268-2287, https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i06.p11
Purwanto, A. (2020). How The Role of Digital Marketing and Brand Image on Food Product Purchase Decisions? An Empirical Study on Indonesian SMEs in the Digital Era, Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(6), pp. 34-41. https://doi.org/10.7777/jiemar
Sanjiwani, D., Suasana, Gd. (2019). Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian, E-Jurnal Manajemen, 8(11), hal. 6721-6740, https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p17
Saputra, A.N., Djumarno. (2020). Analysis Regarding Those Impact From Services Quality And Product Quality Towards Purchase Decisions Which Had Influence On Customer Satisfaction (Case Study At Pt. Astra Credit Companies), Dinasti International Journal of Digital Business Management, 1(6), pp. 941-953. https://dinastipub.org/DIJDBM
Saraswati, A.R., Giantari, I.G.A.T. (2022). Brand Image Mediation of Product Quality and Electronic Word of Mouth on Purchase Decision, International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 9(1), pp. 97-109. https://doi.org/10.21744/irjmis.v9n1.2012
Situmorang, I.L. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s Pada Remaja di Kota Pekanbaru, Jurnal Online Mahasiswa, 4(1), hal. 72-86, https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/12298
Sugianto, L.O., Ardiana, T.E., Wardhani, D.P. (2022). The Effect Of Brand Image and Product Quality On Cunsomer Purchase Decisions (Case Study On The Adidas Brand in Siman Ponorogo Sub-District), International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(1), page 56-64,
Suhaily, L., Darmoyo, S. (2017). Effect of Product Quality, Perceived Price and Brand Image on Purchase Decision Mediated by Customer Trust (Study on Japanese Brand Electronic Product), Jurnal Manajemen, 21(2), pp. 179-194, http://dx.doi.org/10.24912/jm.v21i2.230
Sumpu, N., Tumbel, L.A. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Universitas Samratulangi Manado Angkatan 2016), Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 6(4), hal. 2528-2537, https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21027
Supriyadi., F, Yuntawati., Indra, G. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang), Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1), hal. 135-144, https://doi.org/10.26905/jbm.v3i1.81
Suwarni, E., Suharyono., Kumadji, S. (2017). Pengaruh Iklan di Televisi, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Citra Merek Serta Implikasinya Pada Minat Pembelian, Jurnal Administrasi Bisnis, 11(1), hal. 24-32, https://doi.org/10.21776/ub.profit.2017.011.01.3
Toffin Insight. (2020). Toffin Indonesia Merilis Riset “2020 Brewing In Indonesia”. From www.insight toffin.id website https://insight.toffin.id/toffin-stories/toffin-indonesia-merilis-riset-2020-brewing-in-indonesia/
Top Brand Award. (2022). Tentang Top Brand. From www.topbrand.award.com website https://www.topbrand-award.com/tentang-top-brand-award/
Usmar, P. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Terhadap Citra Merek dan Minat Beli Serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian Kartu Perdana XL Axiata di Semarang, Diponegoro Journal of Management, 6(2), hal. 1-11, http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Wandy, Z., Fitriani, D., Sarippudin, A. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung di ITC Kebon Kelapa Bandung, Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), Hal. 42-51.
Widiyanti, D., Harti. (2021). Pengaruh Self-Actualization dan Gaya Hidup Hangout Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Kopi Kekinian Pada Generasi Milenial Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), hal. 50-60, https://ejournal.petra.ac.id/
Ari Widyasari, K., Suparna, Gede. (2022). The Role of Brand Image in Mediating the Effect of Celebrity Endorsers on Repurchase Intention, European Journal of Business and Management Research, 7(3), pp. 179-183.
10.24018/ejbmr.2022.7.3.1441