FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER SWITCHING DARI TAKSI KONVENSIONAL KE TAKSI ONLINE

  • Jefri Eko Juniawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Anak Agung Gede Agung Artha Kusuma

Abstract

Sharing Economy adalah konsep bisnis yang menawarkan kerjasama dengan masyarakat untuk memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki, konsep tersebut sudah dilakukan oleh Taksi Online seperti GrabCar, Uber, dan GoCar. Hal tersebut menyebabkan terjadinya Customer Switching dari taksi konvensional ke taksi online. Konsep bisnis seperti ini seharusnya dimanfaatkan bukan dipermasalahkan.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi Customer Switchingdari taksi konvensional ke taksi online. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 182 respondendengan menggunakan teknik non probability sampling, khususnyapurposive sampling. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan teknik analisis Confirmatory Factor Analysis (CFA).Hasil penelitian menemukan delapan faktor pembentuk Customer Switching yang diteliti tereduksi menjadi lima faktor yang membentuk Customer Switching dari Taksi Konvensional ke Taksi Online, yaitu Pricing, Core service failure, Service encounters failure, Employee responses to service failure, dan ethical problems.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-03
How to Cite
JUNIAWAN, Jefri Eko; ARTHA KUSUMA, Anak Agung Gede Agung. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER SWITCHING DARI TAKSI KONVENSIONAL KE TAKSI ONLINE. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 10, p. 5460 - 5488, oct. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/32281>. Date accessed: 24 nov. 2024.
Section
Articles