PERAN POSITIVE EMOTION DALAM MEMEDIASI PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN UNIQLO
Abstract
Perkembangan tren fashion di Indonesia mendorong bisnis ritel fashion, salah satunya Uniqlo, untuk merancang strategi yang dapat meningkatkan pembelian impulsif konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran positive emotion dalam memediasi pengaruh price discount terhadap impulse buying konsumen Uniqlo. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner secara offline dan online yang diukur dalam skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive emotion. Positive emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Positive emotion mampu memediasi secara parsial pengaruh price discount terhadap impulse buying. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya strategi Uniqlo dalam memberikan potongan harga untuk membangkitkan perasaan senang saat berbelanja sehingga dapat meningkatkan pembelian impulsif konsumen Uniqlo di Kota Denpasar.
Downloads
References
Arija, N., & Sanjaya, A. (2023). Anteseden Pembelian Impulsif Produk Uniqlo dengan Emosi Positif sebagai Variabel Mediasi pada Konsumen Wanita. Journal of Applied Business Administration, 7(1), 19–30.
Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. (2022). Provinsi Bali dalam Angka (Bali Province in Figures) 2022. Denpasar: BPS Provinsi Bali.
Badan Pusat Statistik Kota Denpasar. (2023). Produk Domestik Regional Bruto Kota Denpasar Atas Dasar Harga Konstan Menurut Lapagan Usaha (Juta Rupiah), 2021-2023. Denpasar: BPS Kota Denpasar.
Bunyamin, HM, M., & Hadidu, A. (2021). Analysis of Lifestyle, Price Discount, and Product Quality on Impulsive Buying in Issue Clothing Store. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 213–220.
Cakraningrat, P. B. W. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2016). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying di Discovery Shopping Mall. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(7), 4423–4452.
Chan, T. K. H., Cheung, C. M. K., & Lee, Z. W. Y. (2017). The State of Online Impulse Buying Research: A Literature Analysis. Information and Management, 54(2), 204-217.
Choirul, A., & Artanti, Y. (2019). Millennials’s Impulse Buying Behavior: Does Positive Emotion Mediate? Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 22(2), 223–236.
Devi, N. W. C., & Jatra, I. M. (2020). Positive Emotion Memediasi Sales Promotion dan Store Environment terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1942–1961.
Deviana, N. P. S., & Giantari, I. G. A. K. (2016). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(8), 5246–5273.
Diantari, N. K. Y. (2021). Trend Cycle Analysis on Fast Fashion Products. Journal of Aesthetics, Design, and Art Management, 1(1), 24–33.
Fahd, F., & Sugiarto, Y. (2015). Analisis Pengaruh Promosi dan Gerai Atmosfer terhadap Impulse Buying melalui Emosi Positif sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 4(2), 1–8.
Fauziyah, W. N., & Julaeha, L. S. (2022). Pengaruh Desain Kemasan terhadap Pembelian Impulsif yang Dimediasi Emosi Positif (Studi Kasus di Instagram @superjunior_elfindonesia). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 111–122.
Fast Retailing. (2023). Result Summary for Fiscal 2023. fastretailing.com. Diakses pada 30 Oktober 2023.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gumilang, W. A., & Nurcahya, I. K. (2016). Pengaruh Price Discount dan Store Atmosphere terhadap Emotional Shopping dan Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 15(3), 1859–1888.
Ittaqullah, N., Madjid, R., & Suleman, N. R. (2020). The Effects of Mobile Marketing, Discount, and Lifestyle on Consumers’ Impulse Buying Behavior in Online Marketplace. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(3), 1569–1577.
Jamjuri, Ramdansyah, A. D., & Nupus, H. (2022). Pengaruh Merchandising dan Price Discount terhadap Impulse Buying melalui Emosi Positif sebagai Intervening. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8(2), 171–181.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. (2020). Statistik Ekonomi Kreatif 2020. Jakarta: Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.
Kimiagari, S. (2021). The Role of Cognitive and Affective Responses in the Relationship Between Internal and External Stimuli on Online Impulse Buying Behavior. Journal of Retailing and Consumer Services, 61.
Larasati, K. L. D., & Yasa, N. N. K. (2021). The Role of Positive Emotion in Mediating the Effect of Price Discount on Impulse Buying Indomaret Customers in Denpasar City, Indonesia. European Journal of Management and Marketing Studies, 6(2), 81–95.
Lina, Y. (2022). Impact of Online Convenience on Generation Z Online Impulsive Buying Behavior: The Moderating Role of Social Media Celebrity. Frontiers in Psychology, 13, 1–17.
Mursid, A. (2021). Effects of Sentiment on Impulsive Buying Behavior: Evidence of COVID-19 in Indonesia. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 23(3), 452–465.
Nagadeepa, C., Selvi, J. T., & A, P. (2015). Impact of Sale Promotıon Technıques on Consumers’ Impulse Buyıng Behavıour towards Apparels at Bangalore. Asian Journal of Management Sciences & Education, 4(1), 116–124.
Nindyakirana, R. H., & Maftukhah, I. (2016). Membangun Emosi Positif melalui Promosi Penjualan dan Lingkungan Toko Dampaknya terhadap Impulse Buying. Management Analysis Journal, 5(4), 375–388.
Nurcaya, I. N., & Rastini, N. M. (2018). Impulse Buying Behavior on Modern Retail. Udayana Journal of Social Sciences and Humanities, 2(2), 101.
Populix. (2022). Indonesia in 2022: Looking at Fashion Trends and Economy Revival. info.populix.co. Diakses pada 30 Oktober 2023.
Putri, N. M. E., & Sudaryanto, B. (2022). Analisis Pengaruh Price Discount dan Daya Tarik Iklan pada Aplikasi E-Wallet terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Generasi Z (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(2), 1–13.
Putri, P. I. W., & Andani, I. G. A. K. S. (2023). Peran Positive Emotion Memediasi Pengaruh Sales Promotion dan Hedonic Consumption terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12(1), 15–31.
Rahanatha, G. B., Yasa, N. N. K., I, G. A. K. G., & Ekawati, N. W. (2022). Impulsive Buying Behavior of Hindu Balinese Women in the Implementation of Yadnya: A Conceptual Model Development. Webology, 19(1), 4068–4087.
Sahri, V. B. P., & Sari, D. K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Price Discount, Store Atmosphere terhadap Pembelian Impulsif dengan Shopping Emotion sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Uniqlo Sunrise Mall Mojokerto. Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 2(3), 1–12.
Salim, A., & Fermayani, R. (2021). Pengaruh Potongan Harga, Promosi Penjualan, dan Tampilan Toko terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Department Store Padang. Jurnal Menara Ekonomi, 7(3), 1–14.
Saputro, A. T. D., & Ismawati, K. (2020). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen (Studi Kasus Konsumen Indomaret dan Alfamart di Kecamatan Karanganyar Tahun 2017). Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 17(2), 7–18.
Saputro, I. B. (2019). Pengaruh Price Discount dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Mediasi pada Konsumen Ritel Minimarket Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 16(1), 35–47.
Setiawan, I. K., & Ardani, I. G. A. K. S. (2022). The Role of Positive Emotions to Increase the Effect of Store Atmosphere and Discount on Impulse Buying. European Journal of Business and Management Research, 7(1), 219-223.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumampouw, R. W. J., Nuraida, Wicaksono, M. A. R., & Rahman, A. (2023). Pengaruh Visual Merchandise, Price Discount, dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying Behaviour pada Uniqlo Mall of Indonesia. Economy Deposit Journal, 5(1), 480–491.
Suryana, R. H. A., & Sari, D. K. (2021). Pengaruh Visual Merchandising, Store Atmosphere, dan Price Discount terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Intervening. Indonesian Journal of Innovation Studies, 13, 1–12.
Uniqlo. Informasi Perusahaan. uniqlo.com. Diakses pada 30 Oktober 2023.
Utami, S. H., & Aini, Y. (2020). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Alfamart Kota Tengah Kecamatan Kepenuhan. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 119–127.
Utami, W. N., & Juanda, T. A. (2022). The Effect of Price Discount and Electronic Word of Mouth on Impulse Buying at Marketplace Shopee (Study on Students of Universitas Indonesia Membangun Bandung). Journal of Business and Management INABA, 1(2), 136–152.
Wijana, I. M. M., & Panasea, I. G. N. O. (2023). Pengaruh Price Discount terhadap Online Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12(4), 687–696.
Xu, H. (2020). A Dual Systems Model of Online Impulse Buying. Industrial Management and Data Systems, 120(5), 845–861.
Yuniawati, Y., & Istichanah. (2023). Pengaruh Diskon, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Produk Uniqlo. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(3), 321–327.