PERAN KEPUASAN KERJA MEMEDIASI PENGARUH ORGANIZATIONAL JUSTICE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR KARYAWAN GREEN KUBU CAFÉ

  • Ni Made Maya Indra Pratiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Manuati Dewi Universitas Udayana

Abstract

Perusahaan yang mampu bertahan ditengah banyaknya pesaing merupakan hasil dari sumber daya manusia yang berperan penting didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran mediasi kepuasan kerja pada pengaruh organizational justice terhadap organizational citizenship behavior. Penelitian ini dilakukan di Green Kubu Café. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Green Kubu Café yang berjumlah 61 karyawan. Metode penentuan sampel menggunakan teknik Non-Probality Sampling dengan metode sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi dipilih untuk dijadikan sampel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner yang diukur dengan 49 indikator menggunakan Skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa organizational justice berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, organizational justice berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior, serta kepuasan kerja secara parsial memediasi pengaruh organizational justice terhadap organizational citizenship behavior. Meningkatnya organizational justice yang dirasakan oleh karyawan Green Kubu Café maka akan timbul kepuasan kerja dalam diri karyawan yang akan mendorong timbulnya OCB karyawan Green Kubu Café.


Kata Kunci: Kepuasan Kerja; Organizational Justice; Organizational Citizenship Behavio

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-15
How to Cite
PRATIWI, Ni Made Maya Indra; DEWI, I Gusti Ayu Manuati. PERAN KEPUASAN KERJA MEMEDIASI PENGARUH ORGANIZATIONAL JUSTICE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR KARYAWAN GREEN KUBU CAFÉ. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 5, p. 436 - 459, june 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/101049>. Date accessed: 13 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i05.p01.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>