PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KOMITMENi ORGANISASIONAL, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR

  • Irene Goller Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Manuati Dewi Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruhi kecerdasan emosional, komitmen organisasional dan budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Penelitian ini dilakukan di Fullmoon Villa Ubud. Jumlah populasi yang diambil adalah sebanyak 43 karyawan dengan menggunakan metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, komitmen organisasional, dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Hal tersebut mengindikasikan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional dan komitmen organisasional karyawan serta semakin kuat budaya organisasi, maka  perilaku kewargaan organisasional karyawan akan semakin meningkat.


Kata kunci : kecerdasan emosional, komitmen organisasional, budaya organisasi dan organizational citizenship behavior.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-03
How to Cite
GOLLER, Irene; DEWI, I Gusti Ayu Manuati. PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KOMITMENi ORGANISASIONAL, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 7, p. 2810 - 2829, july 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/61070>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p17.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>