Pertanggungjawaban Pidana Terhadap Keluarga Yang Meminta Untuk Dilakukan Euthanasaia Ditinjau Dari Perspektif Kuhp Indonesia

  • Ni Putu Esa Bulan Purnamiyanti Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • Anak Agung Ngurah Wirasila Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract



 ABSTRAK


Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui pengaturan euthanasia dalam hukum pidana di Indonesia, selain itu juga untuk mengetahui pertanggungjawaban pidana terhadap keluarga yang meminta untuk dilakukan euthanasia ditinjau dari perspektif Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Indonesia. Penulisan jurnal ini menggunakan metode penelitian hukum normatif, penelitian hukum normatif yang digunakan yaitu mengkaji kekosongan norma dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Indonesia dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa pasal dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang sering dikaitkan dengan pertanggungjawaban tindakan euthanasia, karena pasal rumusan tersebut dianggap mendekati pengaturan mengenai euthanasia, meskipun di dalam pasal tersebut tidak menjelaskan secara tegas dan jelas mengenai euthanasia, pasal tersebut yaitu Pasal 344 dan Pasal 345 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Indonesia. Pertanggungjawaban pidana terhadap keluarga yang meminta untuk dilakukan euthanasia terhadap pasien dapat dijatuhi Pasal 345 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Indonesia karena perbuatan tersebut dikategorikan sebagi euthanasia pasif. Akan tetapi, hingga sekarang pengaturan mengenai euthanasia masih tidak jelas dan tidak ada satu pun peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang euthanasia secara khusus.


Kata Kunci : Pertanggungjawaban Pidana, Keluarga, Euthanasia


ABSTRACT


The aim of this writing is to understand about the regulation of euthanasia in a positive legal order in Indonesia and criminal liability to families who request to be euthanasia in terms of the perspective of the Indonesian Criminal Code. The writing of this journal uses normative research, normative research used  is to examine the void of norms in The Indonesia Criminal Code and in The Health Act. Based on research, there are several articles in the Indonesian Criminal Code which are often linked with euthanasia, although the article does not explain clearly about euthanasia, it is Article 344, 345 Indonesian Criminal Code. Criminal liability towards families who request euthanasia to the patient can be sentenced to Article 345 of the Indonesian Criminal Code, because these actions can be categorized as passive euthanasia. But, until now the regulation of euthanasia in Indonesia is still unclear as far, and doesn’t have a specific regulation yet for concerning euthanasia.


Keywords: Criminal Liability, Family, Euthanasia



 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-30
How to Cite
PURNAMIYANTI, Ni Putu Esa Bulan; WIRASILA, Anak Agung Ngurah. Pertanggungjawaban Pidana Terhadap Keluarga Yang Meminta Untuk Dilakukan Euthanasaia Ditinjau Dari Perspektif Kuhp Indonesia. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 9, n. 9, p. 1-12, july 2020. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/62058>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)