PENGATURAN KEPEMILIKAN DAN PENYALAHGUNAAN REPLIKA SENJATA AIRSOFT GUN TANPA IZIN MENURUT PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA

  • I Gde Putu Sureksha Satya Pravita
  • Yohanes Usfunan

Abstract

Banyak kasus yang meresahkan masyarakat karena penyalahgunaan airsoft gun, hal tersebut menyebabkan perlu dibuat aturan mengenai kepemilikan airsoft gun   tersebut, karena saat ini tidak ada undang-undang yang mengatur apakah memiliki airsoft gun   merupakan suatu tindak pidana atau tidak. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui pengaturan kepemilikan  pertanggung jawaban terhadap kepemilikan dan penyalahgunaan airsoft gun tanpa izin di Indonesia dan pengaturan mengenai sanksi pidana terhadap pelaku kepemilikan dan penyalahgunaan airsoft gun tanpa izin. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian normatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan, pendekatan analisis konsep hukum, dan pendekatan fakta. Hasil penelitian menunjukkan, dalam Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 kepemilikan atau hanya membawa airsoft gun   bukan merupakan suatu tindak pidana dan pemilik tidak dapat dikenakan sanksi pidana kecuali yang bersangkutan melakukan tindak pidana menggunakan airsoft gun  yang dimiliki. Pertanggung jawaban pidana bagi pelaku penyalahgunaan airsoft gun dipidana berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan tentang kepemilikannya tidak dapat dipidana tetapi polisi dapat melakukan diskresi berupa penyitaan terhadap airsoft gun  yang tidak memiliki izin tertentu.


Kata Kunci: Pengaturan , Penyalahgunaan, Airsoft gun .

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-06
How to Cite
PRAVITA, I Gde Putu Sureksha Satya; USFUNAN, Yohanes. PENGATURAN KEPEMILIKAN DAN PENYALAHGUNAAN REPLIKA SENJATA AIRSOFT GUN TANPA IZIN MENURUT PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 8, n. 12, p. 1-16, nov. 2019. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/51943>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles